Gerindra Bantah Pernyataan PDIP Food Estate Kejahatan Lingkungan

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 16 Agu 2023 10:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Juru Bicara DPP Partai Gerindra Budi Djiwandono mengklaim food estate adalah bagian atas solusi pangan dan lingkungan.
tirto.id - Juru Bicara DPP Partai Gerindra Budi Djiwandono membantah pernyataan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto yang menyebut program food estate bagian dari kejahatan lingkungan. Budi mengklaim food estate adalah bagian atas solusi pangan dan lingkungan.

"Saya rasa itu tidak benar. Karena saya rasa food estate adalah solusi ke depan," kata Budi di sela sidang tahunan MPR pada Rabu (16/8/2023).

Budi menyebut dalam proses pelaksanaan pembangunan food estate perlu dilakukan sejumlah evaluasi. Dia berharap program yang digagas oleh Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pertanian tersebut dapat menjadi solusi atas kedaulatan pangan Indonesia.

"Memang perlu terobosan dalam proses pembentukan food estate untuk kedaulatan pangan Indonesia ke depan," ungkapnya.

Budi juga meminta waktu untuk hasil yang bisa diambil dari food estate. Menurutnya, pernyataan Hasto yang menyebut food estate tidak menghasilkan manfaat bagi masyarakat adalah pernyataan yang keliru.

"Saya rasa pada saatnya, nanti kita lihat apa yang telah dilaksanakan dan saya rasa akan ada hasil yang baik dari food estate tersebut," jelasnya.

Sebelumnya, menyinggung proyek food estate yang dicanangkan oleh Kementerian Pertahanan dan Kementerian Pertanian. Hasto menyebut program tersebut telah disalahgunakan dan tidak sesuai harapan di awal pembangunan.

"Maka kami, mengapa memberi catatan sangat kuat terkait dengan upaya yang telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo untuk membangun food estate. Tetapi dalam praktik pada kebijakan itu malah disalahgunakan," kata Hasto di Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/8/2023).

Hasto bahkan menyebut pembangunan food estate adalah kejahatan lingkungan. Karena hutan-hutan ditebang dan kemudian tidak ada konservasi setelah itu.

"Kemudian hutan-hutan justru ditebang dan food estate tidak terbangun dengan baik. Itu merupakan bagian dari suatu kejahatan lingkungan, " jelasnya.


Baca juga artikel terkait FOOD ESTATE atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Maya Saputri

DarkLight