Menuju konten utama

Format Surat Pengalaman Kerja PPPK BKN 2024 dan Link Unduh PDF

Link untuk mengunduh format Surat Pengalaman Kerja guna mendaftar PPPK BKN 2024. Surat ini merupakan salah satu dokumen penting pendaftaran.

Format Surat Pengalaman Kerja PPPK BKN 2024 dan Link Unduh PDF
Ilustrasi Surat. foto/IStockphoto

tirto.id - Salah satu syarat berkas dalam seleksi PPPK Badan Kepegawaian Negara 2024 adalah surat format pengalaman kerja. Berikut contoh format surat pengalaman kerja PPPK BKN 2024 beserta link unduhnya.

Badan Kepegawaian Negara telah merilis Surat Pengumuman Nomor 01/PANPEL.BKN/PPPK.TEKNIS/IX/2024 yang berisikan tentang seleksi pengadaan calon PPPK 2024 di lingkungan BKN.

Dalam rekrutmen kali ini, BKN menyediakan total 115 formasi PPPK 2024 yang dapat diisi.

Di samping itu, jadwal pendaftaran PPPK BKN 2024 terbagi ke dalam dua gelombang yakni bagi tenaga non-ASN yang telah terdata di database BKN dan honorer yang belum terdata.

Perlu diketahui, pendaftar PPPK Badan Kepegawaian Negara 2024 harus menyertakan syarat dokumen berkas yang telah ditentukan BKN.

Salah satu syarat dokumen yang wajib disertakan adalah surat keterangan pengalaman kerja sesuai format yang berlaku.

Berikut contoh format surat keterangan pengalaman kerja PPPK BKN 2024 beserta jadwal dan cara daftarnya.

Link dan Format Surat Keterangan Pengalaman Kerja PPPK BKN 2024

Dalam surat keterangan pengalaman kerja, pendaftar PPPK BKN 2024 harus menyertakan data diri secara detail.

Selain itu, pendaftar juga mencantumkan keterangan terkait pengalaman kerjanya sebelum mendaftar PPPK 2024.

Berikut adalah contoh format surat keterangan pengalaman kerja.

KOP INSTANSI/LEMBAGA

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

NIP :

Pangkat/Gol. Ruang :

Jabatan :

Instansi/Lembaga :

menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama :

Tempat/Tanggal Lahir :

Pendidikan :

Jabatan :

adalah pegawai di …………….……. selama …. tahun …. bulan, terhitung mulai tanggal .……. sampai tanggal …………………

Adapun yang bersangkutan memiliki tugas harian, sebagai berikut:

1. …………………………….

2. …………………………….

3. dst.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya untuk memenuhi persyaratan pelamaran Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

……., ………………….. 2024

Nama Jabatan Penandatangan,

Nama Instansi/Lembaga

(ttd+cap stempel basah)

(Nama Pejabat Penandatangan)

Untuk mengetahui rincian jelasnya, unduh Format Surat Pengalaman Kerja PPPK BKN 2024 PDF ini.

Alur dan Tata Cara Pendaftaran PPPK BKN 2024

1. Pelamar membuat akun melalui https://sscasn.bkn.go.id dengan cara:

a. Mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum di KK pelamar. Apabila pelamar mengalami kendala terkait data NIK dan Nomor KK, agar menghubungi/melaporkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat;

b. Mengisi data identitas sesuai KTP maupun ijazah dan kolom lainnya;

c. Mengunggah scan KTP/Surat Keterangan Kependudukan yang sah dan sesuai ketentuan;

d. Melakukan swafoto;

e. Memastikan seluruh data yang telah dimasukkan sudah lengkap dan benar serta swafoto jelas (jika terdapat kesalahan setelah proses pendaftaran, maka peserta tidak dapat memperbaikinya); dan

f. Mencetak Kartu Informasi Akun.

2. Pelamar login ke akun yang telah dibuat pada laman https://sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;

3. Pelamar melengkapi data diri (apabila pelamar merupakan penyandang disabilitas, maka pelamar wajib memilih jenis disabilitas serta mencantumkan link video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktivitas sesuai jabatan yang akan dilamar);

4. Pelamar memilih jenis seleksi PPPK Tenaga Teknis;

5. Pelamar memilih Instansi Pemerintah tempat bekerja saat ini, yaitu Badan Kepegawaian Negara, dilanjutkan dengan memilih jenis kebutuhan (formasi), pendidikan, jabatan yang akan dilamar, lokasi formasi, dan lokasi tes, serta mengisi nama sekolah/perguruan tinggi (sesuai ijazah), nomor ijazah, tanggal ijazah, tahun lulus, dan sebagainya;

6. Pelamar mengisi riwayat pekerjaan (pengalaman kerja);

7. Pelamar mengunggah dokumen persyaratan yang terdiri atas:

a. Pasfoto terbaru menggunakan pakaian formal dengan latar belakang warna merah;

b. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli/Surat Keterangan asli telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang masih berlaku;

c. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam atau diketik menggunakan komputer yang ditujukan kepada Kepala BKN c.q. Ketua Panitia Seleksi Pengadaan ASN BKN T.A. 2024 di Jakarta yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai/meterai tempel 10.000 harus sesuai format sebagaimana tercantum pada Lampiran II Pengumuman ini (jika menggunakan meterai tempel, tanda tangan pelamar dibubuhkan sebagian di atas meterai dan sebagian di atas kertas);

d. Ijazah asli atau STTB (bagi lulusan SMA/sederajat) asli sesuai dengan ketentuan persyaratan sebagaimana tercantum pada romawi II angka 7;

e. Transkrip Nilai asli atau Daftar Nilai (bagi lulusan SMA/sederajat) asli sesuai dengan ketentuan persyaratan sebagaimana tercantum pada romawi II angka 7;

f. Surat Keterangan memiliki pengalaman di bidang kerja sesuai dengan kompetensi tugas jabatan yang dilamar paling singkat 2 (dua) tahun pada Jabatan Pelaksana yang ditandatangani oleh Pimpinan Unit Kerja sesuai format sebagaimana tercantum pada Lampiran III Pengumuman ini;

g. Surat Pernyataan Data Diri Pelamar yang sudah ditandatangani dan dibubuhi e-meterai/meterai tempel 10.000 harus sesuai format sebagaimana tercantum pada Lampiran IV Pengumuman ini (jika menggunakan meterai tempel, tanda tangan pelamar dibubuhkan sebagian di atas meterai dan sebagian di atas kertas);

h. Bagi pelamar Penyandang Disabilitas, sesuai dengan ketentuan persyaratan sebagaimana tercantum pada romawi II angka 17 ditambah dengan surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya.

8. Pelamar memastikan seluruh data yang dimasukkan dan dokumen yang diunggah sudah lengkap, benar, dan dokumen dapat terbaca (kesalahan dalam mengunggah dokumen dan membubuhkan meterai dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi); dan

9. Pelamar mengakhiri proses pendaftaran dan mencetak Kartu Pendaftaran untuk digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran (pelamar sudah tidak dapat mengubah data kembali).

Jadwal dan Timeline Seleksi PPPK BKN 2024

Bagi pelamar eks THK-II dan tenaga non-ASN yang terdaftar dalam pangkalan data (database) BKN

1. Pengumuman Seleksi: 30 September s.d. 19 Oktober 2024

2. Pendaftaran Seleksi: 1 s.d. 20 Oktober 2024

3. Seleksi Administrasi: 1 s.d. 29 Oktober 2024

4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 30 Oktober s.d. 1 November 2024

5. Masa Sanggah: 2 s.d. 4 November 2024

6. Jawab Sanggah: 2 s.d. 6 November 2024

7. Pengumuman Pasca Masa Sanggah: 5 s.d. 11 November 2024

8. Penarikan Data Final: 12 s.d. 14 November 2024

9. Penjadwalan Seleksi Kompetensi: 15 s.d. 25 November 2024

10. Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat Seleksi Kompetensi: 26 November s.d. 1 Desember 2024

11. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi: 2 s.d. 19 Desember 2024

12. Pengolahan Nilai Seleksi Kompetensi: 7 s.d. 23 Desember 2024

13. Pengumuman Hasil Kelulusan: 24 s.d. 31 Desember 2024

14. Pengisian DRH NI PPPK: 1 s.d. 31 Januari 2025

15. Usul Penetapan NI PPPK: 1 s.d. 28 Februari 2025

Bagi pelamar tenaga non-ASN yang tidak terdaftar dalam pangkalan data (database) BKN dan aktif bekerja paling sedikit 2 (dua) tahun terakhir secara terus menerus di BKN

1. Pengumuman Seleksi: 1 s.d. 30 November 2024

2. Pendaftaran Seleksi: 17 November s.d. 31 Desember 2024

3. Seleksi Administrasi: 16 Desember 2024 s.d. 3 Februari 2025

4. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi: 4 s.d. 18 Februari 2025

5. Masa Sanggah: 19 s.d. 21 Februari 2025

6. Jawab Sanggah: 20 s.d. 27 Februari 2025

7. Pengumuman Pasca Masa Sanggah: 22 s.d. 28 Februari 2025

8. Penarikan Data Final: 1 s.d. 7 Maret 2025

9. Pemetaan Titik Lokasi Seleksi Kompetensi: 8 s.d. 23 Maret 2025

10. Penjadwalan Seleksi Kompetensi: 24 Maret s.d. 8 April 2025

11. Pengumuman Daftar Peserta, Waktu, dan Tempat Seleksi Kompetensi: 9 s.d. 16 April 2025

12. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi: 17 April s.d. 16 Mei 2025

13. Pengolahan Nilai Seleksi Kompetensi: 22 April s.d. 21 Mei 2025

14. Pengumuman Hasil Kelulusan: 22 s.d. 31 Mei 2025

15. Pengisian DRH NI PPPK: 1 s.d. 30 Juni 2025

16. Usul Penetapan NI PPPK: 1 s.d. 31 Juli 2025

Baca juga artikel terkait PPPK 2024 atau tulisan lainnya dari Imanudin Abdurohman

tirto.id - Aktual dan Tren
Kontributor: Imanudin Abdurohman
Penulis: Imanudin Abdurohman
Editor: Dipna Videlia Putsanra