Tirto & NU Online

Dari Bulan Alquran hingga Rahmat: Nama-Nama Lain Bulan Ramadan

Oleh: Ivan Aulia Ahsan - 13 Mei 2019
Memiliki banyak nama lain yang baik adalah tanda keistimewaan dalam Islam. Zainuddin bin Muhammad menginventarisasi nama-nama lain Ramadan dalam kitabnya.
tirto.id - Dalam tradisi Islam, sesuatu atau seseorang atau apapun yang istimewa biasanya punya nama-nama lain. Tentu saja nama-nama itu adalah julukan yang indah atau baik.

Allah SWT punya 99 nama yang indah, yang kita kenal sebagai asmaul husna. Nabi Muhammad juga memiliki banyak nama lain yang disematkan oleh para sahabat dan pengikutnya. Kota suci Makkah pun punya berbagai julukan yang baik.

Bulan dalam sistem kalender Hijriah yang punya banyak nama alias adalah Ramadan. Ini sekaligus membuktikan Ramadan adalah bulan yang amat istimewa.

Sejumlah peristiwa penting terjadi di bulan suci ini. Momen untuk melipatgandakan pahala dan berlimpahnya ibadah-ibadah khusus juga ada di bulan Ramadan. Hal inilah yang memacu umat Islam berlomba-lomba meraih keutamaan pada bulan tersebut.


Zainuddin bin Muhammad bin Husain bin al-‘Aydarus al-Ba’alawy dalam kitab Ittihaf al-Anam bi Ahkam ash-Shiyam merangkum dan menjelaskan nama-nama lain Ramadan dalam khazanah Islam.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang penjelasan Zainuddin bin Muhammad, silakan simak artikel berikut ini.


Baca juga artikel terkait RAMADAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Ivan Aulia Ahsan
(tirto.id - Sosial Budaya)


Penulis: Ivan Aulia Ahsan
Editor: Zen RS