Reshuffle Kabinet 2022

Daftar Menteri & Wamen Baru Hasil Reshuffle Kabinet Indonesia Maju

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 15 Jun 2022 14:58 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Joko Widodo secara resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri baru dalam reshuffle Kabinet Indonesia Maju.
tirto.id - Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). Pelantikan diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022) siang.

Jokowi memimpin prosesi pelantikan Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019—2024 yang ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2022.


Zulkifli Hasan merupakan Ketua MPR periode 2014—2019, yang juga saat ini merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN). Ia menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Lutfi.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto merupakan Panglima TNI periode 2017—2021. Ia ditunjuk sebagai Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Sofyan Djalil. Pengambilan sumpah jabatan kepada masing-masing pejabat yang dilantik di hadapan Presiden Jokowi disaksikan rohaniwan.

Perihal pelantikan ini Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyampaikan bahwa telah dilakukan dalam diskusi yang matang. Sehingga dirinya menampik bila ini dilakukan dalam waktu yang mendadak.

"Reshuffle ini bukan hal yang tiba-tiba dan mendadak. Namun sudah melalui pemikiran serta diskusi cukup matang dan panjang," jelasnya.

Pramono juga menambahkan bahwa presiden perlu ada penyegaran dalam proses kinerja dalam kabinet yang dia pimpin saat ini.

"Presiden memang memerlukan semacam refreshing dari beberapa menteri dan wakil menteri. Dan ini memang momentumnya pas, sekaligus memperkuat posisi kabinet yang ada," terangnya.


Berikut daftar lengkap menteri baru hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju:
  1. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi.
  2. Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto menjadi Menteri ATR/ Kepala BPN menggantikan Sofyan Djalil.
  3. Wakil Menteri PUR Wempi Wetipo digeser menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri.
  4. Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan.
  5. Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni menjadi Wakil Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Surya Tjandra.




Baca juga artikel terkait RESHUFFLE KABINET 2022 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight