Menuju konten utama

Daftar 10 Dongeng Anak Cerita Nusantara Sebelum Tidur & Linknya

Dongeng memiliki dampak positif terhadap anak. Contohnya, orang tua bisa mengajarkan anak tentang nilai-nilai hidup melalui kisah dongeng.

Daftar 10 Dongeng Anak Cerita Nusantara Sebelum Tidur & Linknya
Ilustrasi Dongeng

tirto.id - Dongen merupakan salah satu bentuk karya sastra yang diwariskan turun-temurun di setiap kebudayaan di dunia. Dongeng kerap menceritakan kisah-kisah fantasi atau fabel yang kerap diceritakan kepada anak sebelum mereka tidur panjang.

Dilansir dari laman Psych Central, kisah-kisah dongeng kerap kali mengeksplor tema-tema seperti kesetiaan, keadilan, keserakahan, hingga kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Para ahli sepakat bahwa dongeng memiliki dampak positif terhadap anak. Contohnya, orang tua bisa mengajarkan anak tentang nilai-nilai hidup melalui kisah dongeng tersebut dan membuka obrolan terbuka dengan anak dan meminta pendapat mereka tentang kisah tersebut.

Dalam sebuah studi di tahun 2014, terdapat sugesti bahwa menggunakan dongeng dan strategi naratif lainnya dapat memberi dampak baik terhadap perkembangan diri dan penerimaan diri seseorang. Sementara studi di tahun 2016 membuktikan bahwa terapi naratif dapat meningkatkan skil emosional dan sosial anak usia 8 hingga 10 tahun.

Dongeng Anak Sebelum Tidur

Terdapat banyak dongeng pendekyang kerap diceritakan kepada anak sebelum tidur. Berikut adalah 2 contohnya:

1. Si Kura-Kura yang Sombong

Dikisahkan terdapat seekor kura-kura sombong merasa dirinya lebih pantas terbang dibanding berenang dan jengkel karena tempurungnya yang berat. Dia pun selalu kesal ketika melihat burung-burung yang terbang bebas di langit.

Suatu hari, kura-kura memaksa seekor angsa untuk membantunya terbang dan si angsa mengusulkan kura-kura berpegangan pada sebatang kayu. Batang kayu tersebut pun kemudian diangkat oleh angsa dan dibawa terbang.

Sayangnya, genggaman tangan kura-kura melemah dan dia jatuh dengan keras. Untungnya kura-kura selamat karena keberadaan tempurung yang paling ia benci.

2.Kelinci dan Kura-Kura

Di sebuah hutan, seekor kura-kura menantang kelinci yang sering mengejeknya untuk adu lari cepat. Dengan penuh percaya diri, kelinci pun mengiyakan ajakan kura-kura dan mengajak teman-teman hewannya untuk menonton kelinci memenangi kompetisi adu lari melawan kura-kura.

Pada waktu pertandingan, kelinci pun berlari dengan kencang dan meninggalkan kura-kura. Namun, kura-kura tetap berusaha sekuat tenaga untuk berlari dan menambah kecepatan larinya. Di tengah jalan, kelinci memutuskan untuk istirahat karena mengira kura-kura masih jauh berada di belakangnya.

10 Dongeng Anak Sebelum Tidur

Berikut ini adalah 10 dongeng anak sebelum tidur panjang dari cerita Nusantara beserta link audionya:

1. 7 Anak Laki-Laki

Dongeng asal Aceh ini adalah cerita rakyat yang menceritakan kisah perjuangan tujuh anak laki-laki yang dibuang oleh orang tuanya. Berikut tautan untuk dengar dongeng anak ini.

Link Dengar Dongeng "7 Anak Laki-Laki"

2. Angkus Angsa yang Rakus

Kisah ini bercerita tentang Angkus, seekor angsa yang rakus. Berikut tautan untuk dengar dongeng anak ini.

Link Dengar Dongeng "Angkus Angsa yang Rakus"

3. Angsa dan Kura-Kura

Dongeng ini bercerita tentang seekor Angsa dan Kura-Kura yang hidup di sebuah telaga dan menghadapi musim kemarau. Berikut tautan untuk dengar dongeng anak ini.

Link Dengar Dongeng "Angsa dan Kura-Kura"

4. Ayam dan Serigala

Dongeng ini bercerita tentang seekor serigala yang berusaha menangkap seekor ayam yang selalu lolos dari terkamannya. Berikut tautan untuk dengar dongeng anak ini.

Link Dengar Dongeng "Ayam dan Serigala"

5. Bangau dan Ketam

Dongeng ini bercerita tentang seekor bangau yang kelaparan dan berusaha menangkap seekor ketam. Berikut tautan untuk dengar dongeng anak ini.

Link Dengar Dongeng "Bangau dan Ketam"

6. Burung Manyar dan Kera

Dongeng ini bercerita tentang interaksi antara seekor burung manyar yang membuat sarang dan seekor kera. Berikut tautan untuk dengar dongeng anak ini.

Link Dengar Dongeng "Burung Manyar dan Kera"

7. Dewi Sri

Dongeng ini adalah cerita rakyat tentang Prabu Sri Mahapunggung atau Dewi Sri yang dikenal sebagai dewi padi. Berikut tautan untuk dengar dongeng anak ini.

Link Dengar Dongeng "Dewi Sri"

8. Kancil dan Buaya

Dongeng ini bercerita tentang kisah seekor kancil yang ingin menyebrangi sungai dan bertemu seekor buaya. Berikut tautan untuk dengar dongeng anak ini.

Link Dengar Dongeng "Kancil dan Buaya"

9. Kancil dan Gajah

Dongeng ini bercerita tentang seekor gajah yang menolong kancil yang terjatuh. Berikut tautan untuk dengar dongeng anak ini.

Link Dengar Dongeng "Kancil dan Gajah"

10. Kancil dan Harimau

Dongeng ini bercerita tentang seekor harimau yang lapar dan ingin memburu seekor kancil. Berikut tautan untuk dengar dongeng anak ini.

Link Dengar Dongeng "Kancil dan Harimau"

Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan lainnya dari Muhammad Iqbal Iskandar

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Muhammad Iqbal Iskandar
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari