30 Ucapan Terima Kasih untuk Guru yang Menyentuh Hati Islami

Kontributor: Yonada Nancy, tirto.id - 20 Nov 2023 19:30 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Ucapan terima kasih untuk guru islami bisa dikirim lewat sepucuk surat, pesan singkat, atau di media sosial. Baca 30 contoh ucapan Hari Guru di bawah ini.
tirto.id - Peringatan Hari Guru Nasional dirayakan saban tahun. Tanggalnya sama seperti Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), yakni 25 November.

Hari Guru Nasional merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa guru yang sangat besar bagi bangsa Indonesia. Peran guru tidak hanya mengajarkan ilmu kepada siswa di kelas, melainkan juga menjadi sosok teladan di masyarakat.

Pada peringatan Hari Guru Nasional, siswa bisa memberikan penghargaan dalam berbagai bentuk, seperti mengirim puisi, cerpen, atau ucapan terima kasih untuk guru.

Puisi, cerpen, maupun ucapan Hari Guru singkat islami, bisa dikirim langsung melalui surat atau pesan singkat kepada guru bersangkutan. Di samping itu, ucapan terima kasih untuk guru bisa dibagikan melalui media sosial sebagai simbol perayaan Hari Guru.


30 Contoh Ucapan Hari Guru Singkat Islami


Ucapan terima kasih untuk guru bisa dibuat sekreatif mungkin oleh siswa. Ucapan selamat Hari Guru juga bisa mengutip dari quotes para tokoh.

Selain itu, para siswa juga bisa membuat ucapan terima kasih untuk guru islami. Misalnya, ucapan Hari Guru singkat islami dengan mengutip hadis.

Berikut contoh ucapan terima kasih untuk guru yang menyentuh hati islami.

  1. "Selamat Hari Guru Nasional! Guru sejati adalah yang mampu menghidupkan cinta dalam sanubari murid-muridnya untuk mencintai sesama karena Allah Swt."

  2. "Para nabi mengajarkan kita untuk taat dan mendengarkan guru agar sukses menjalani hidup. Terima kasih guruku, selamat Hari Guru Nasional!"

  3. "Guru memang bukan raja, tetapi guru mampu membentuk seseorang agar menjadi raja dan menjadi pemimpin yang shidiq, amanah, thabligh, dan fatanah. Selamat Hari Guru Nasional, Ibu/Bapak Guru!"

  4. "Murid berutang pada guru seumur hidup, bahkan jika sang guru hanya menyampaikan satu pesan (Hazrat Ali RA). Selamat Hari Guru Nasional!"

  5. Nabi Muhammad pernah berkata "Hadiah terbaik dari seorang ayah untuk anaknya adalah pendidikan dan didikan. Terima kasih telah mendidik kami, Selamat Hari Guru Nasional!"

  6. "Islam mengajarkan umatnya untuk menghindari bermalas-malasan karena pengetahuan tidak dapat diperoleh dengan kemalasan. Selamat Hari Guru Nasional!"

  7. "Barangsiapa mencari ilmu yang seharusnya dicari karena Allah Swt., tetapi hanya untuk mendapatkan keuntungan duniawi, dia tidak akan pernah mengetahui aroma surga di hari kebangkitan. Selamat Hari Guru Nasional!"

  8. "Kecintaan Ibu/Bapak untuk belajar karena agama telah menarik saya ke dunia baru dalam menuntut ilmu. Jasa Anda tidak akan terbalaskan dengan kata-kata, namun Allah pasti tahu bahwa Anda melakukan yang terbaik. Selamat Hari Guru Nasional!"

  9. "Selamat Hari Guru Nasional! Ketika seorang manusia meninggal dunia, amalannya terputus kecuali tiga hal, yaitu amal jariah, doa anak saleh, dan ilmu yang bermanfaat."

  10. "Mengajari seorang anak untuk menjalani hidup adalah anugerah seorang guru sejati. Terima kasih telah membagi anugerah itu kepada saya. Saya beruntung memiliki guru seperti Ibu/Bapak. Selamat Hari Guru Nasional!"

  11. "Ibu/Bapak melakukan hal-hal yang dicintai Allah Swt. setiap harinya: tersenyum, berbuat baik, dan membagikan ilmu. Kami sangat mencintai Ibu/Bapak Guru. Terima kasih atas kasih sayang yang engkau berikan dan Selamat Hari Guru!"

  12. "Orang yang mengajarimu walau satu huruf, maka ia adalah orang tuamu dalam agama. Selamat Hari Guru Nasional, guruku!"

  13. "Guru yang baik itu seperti lilin – menghabiskan dirinya sendiri untuk menerangi jalan bagi orang lain. Selamat Hari Guru Nasional!"



  14. "Selamat Hari Guru Nasional! Terima kasih, Bapak dan Ibu Guru, atas dedikasi dan cinta yang telah diberikan kepada kami. Anda adalah pahlawan. Jasamu akan selalu kami ingat.

  15. "Di Hari Guru ini, saya ingin menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada guru. Semua guru adalah terbaik di dunia ini. Terima kasih atas ilmu, bimbingan, dan inspirasi, yang Anda berikan setiap harinya."

  16. "Selamat Hari Guru Nasional! Guru tidak hanya berperan memberikan ilmu, tetapi juga membimbing dan menjadi teladan. Terima kasih, Guruku, telah membentuk karakter dan membimbing kami menuju masa depan yang cerah."

  17. "Hari Guru Nasional ini merupakan momentum bagi kita untuk menghargai para guru yang telah menjadi pilar pendidikan. Terima kasih atas kerja keras, kesabaran, dan cinta, yang telah Anda tanamkan.”

  18. "Selamat Hari Guru Nasional! Anda adalah penyuluh dalam kegelapan, pemandu di jalan yang sulit, dan sumber inspirasi sepanjang waktu. Terima kasih karena berkat Anda, guruku, kami bisa menjadi dewasa seperti sekarang.

  19. "Hari ini, kami ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada guru yang telah membuka pintu pengetahuan dan memberi kunci untuk masa depan. Selamat Hari Guru! Semoga kebaikan Anda berlipat ganda."

  20. "Selamat Hari Guru Nasional! Terima kasih atas kesabaran dan dedikasi Anda dalam membentuk generasi penerus. Setiap jejak langkah kami adalah hasil bimbingan dan cinta Anda.”

  21. "Pada Hari Guru ini, mari kita mengenang semua guru yang dengan penuh kasih telah membantu melewati setiap rintangan dan mengajarkan arti sejati kehidupan. Terima kasih, guru! Anda adalah penerang dalam kegelapan."

  22. "Hari Guru Nasional menjadi momentum bagi kita untuk mengakui peran penting guru dalam membentuk masa depan generasi. Terima kasih atas dedikasi tanpa batas, ilmu yang dibagikan, dan cinta, yang telah Anda berikan."

  23. "Selamat Hari Guru Nasional! Terima kasih, Bapak-Ibu Guru, karena telah menjadi pilar pendidikan dan mendidik kami. Kata-kata dan tindakan Anda membentuk jalan menuju keberhasilan. Kami berutang banyak pada Anda."

  24. "Pada Hari Guru ini, mari kita menghargai setiap guru yang telah mengorbankan waktu, energi, dan mentalnya, untuk mendidik dan membimbing kita. Terima kasih atas segala pengorbanan dan cinta yang Anda berikan, Bapak-Ibu Guru!"

  25. "Selamat Hari Guru Nasional! Guru, Anda adalah arsitek masa depan kami. Terima kasih atas fondasi yang kokoh, ilmu yang diberikan, dan inspirasi yang telah Anda curahkan melalui tindakan dan kata-kata."

  26. "Pada Hari Guru ini, mari kita ungkapkan rasa syukur, juga terima kasih, kepada semua guru yang dengan berdedikasi membentuk karakter dan memberikan pedoman hidup kepada kita. Terima kasih, Guru! Anda adalah penyemangat dalam perjalanan hidup kami."

  27. "Selamat Hari Guru Nasional! Terima kasih atas pelajaran hidup, kebijaksanaan, dan cinta tanpa syarat yang Anda berikan. Semoga kebaikan dan inspirasi yang Anda berikan dibalas berlipat ganda oleh Allah Swt.

  28. "Hari Guru Nasional adalah momen yang tepat untuk menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada Guru-guru terbaik di dunia ini. Terima kasih, Guru, Anda telah menjadi pilar yang kuat dalam tumbuh-kembang kami."

  29. “Sesungguhnya Allah tidak mencabut ilmu begitu saja, dicabut dari para hamba. Ketahuilah ilmu itu mudah dicabut dengan diwafatkannya para ulama sampai tidak tersisa seorang alim pun. Akhirnya, manusia menjadikan orang-orang bodoh sebagai tempat rujukan. Jadinya, ketika ditanya, ia pun berfatwa tanpa ilmu. Ia sesat dan orang-orang pun ikut tersesat (HR. Bukhari). Selamat Hari Guru Nasional!"

  30. “Permisalan ulama [guru] di muka bumi seperti bintang yang ada di langit. Bintang dapat memberi petunjuk pada orang yang berada di gelap malam di daratan maupun di lautan. Jika bintang tak muncul, manusia tak mendapatkan petunjuk (Musnad Al-Imam Ahmad). Selamat Hari Guru!"


Baca juga artikel terkait HARI GURU atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Fadli Nasrudin
Penyelaras: Fadli Nasrudin
DarkLight