tirto.id - Surat Keterangan Lulus Kelas 12 atau SKL menjadi salah satu dokumen persyaratan untuk mengikuti pendaftaran SNBT 2024.
Surat keterangan ini wajib dimiliki oleh siswa kelas 12 atau siswa Paket C yang belum memiliki ijazah.
Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) merupakan salah satu jalur dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Dalam jalur SNBT, peserta akan menjalankan tes berupa Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).
Pendaftaran SNBT tahun ini akan berlangsung selama sekitar dua pekan, yakni pada 21 Maret - 5 April 2024. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui portal resmi SNPMB di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
Pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 akan dibagi menjadi dua tahap. Gelombang 1 akan digelar pada 30 April dan 2-7 Mei 2024, sedangkan gelombang 2 dijadwalkan berlangsung pada 14-20 Mei 2024. Sementara hasilnya baru akan diumumkan pada 13 Juni 2024.
Persyaratan Peserta UTBK-SNBT 2024
Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan setiap siswa memenuhi setiap persyaratan yang sudah ditentukan, mulai dari memiliki akun SNPMB, batasan usia, hingga membayar biaya UTBK sesuai ketentuan. Berikut syarat peserta UTBK-SNBT 2024:
1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)
2. Peserta memiliki akun SNPMB siswa
3. Peserta merupakan siswa SMA/SMK/MA Kelas 12 di tahun 2024.
4. Siswa Paket C tahun 2024 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024).
5. Siswa yang belum mempunyai ijazah pada poin 3 dan 4, harus membawa surat keterangan siswa kelas 12 yang minimal berisi:
- Identitas (nama, kelas, NISN dan NPSN)
- Pasfoto terbaru (berwarna)
- Tanda tangan Kepala Sekolah/Madrasah
- Stempel/cap sekolah.
7. Lulusan Paket C tahun 2022 dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2024).
8. Bagi lulusan SMA/sederas dari luar negeri wajib memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
9. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan/atau Olahraga wajib mengunggah portofolio.
10. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
11. Bagi peserta berkebutuhan khusus tunanetra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.
12. Membayar biaya UTBK.
Contoh Surat Keterangan Kelas 12 untuk SNBT 2024 dan Link Download
Siswa kelas 12 SMA/SMK/MA serta siswa Paket C tahun 2024 yang belum memiliki ijazah wajib menyertakan dokumen berupa Surat Keterangan Kelas 12 agar dapat mengikuti UTBK-SNBT 2024.
Surat Keterangan Kelas 12 sekurang-kurangnya berisi:
- Identitas siswa calon peserta SNBT
- Pasfoto terbaru (berwarna)
- Tanda tangan Kepala Sekolah/Madrasah
- Stempel/cap sekolah
Berikut contoh Surat Keterangan Kelas 12 yang bisa dijadikan referensi:
[Kop sekolah]
Surat Keterangan Siswa Kelas 12
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Drs. Budi
NIP: 19670909 199707 1 001
Jabatan: Kepala Sekolah SMA Tunas Bangsa
Menerangkan bahwa siswa dengan identitas berikut:
Nama: Ananda Ayu
Tempat/Tgl. Lahir: Surabaya, 24 Januari 2007
Nomor Induk Siswa Nasional (NISN): 0072678666
Kelas: XII
Program Studi: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Adalah benar siswa kelas XII dari SMA Tunas Bangsa.
Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Apabila di kemudian hari diketahui keterangan ini tidak sesuai dengan data yang tercantum sebelumnya, kami bersedia menerima sanksi berdasarkan ketentuan yang berlaku.
Surabaya, 20 Maret 2024
Kepala SMA Tunas Bangsa
[Tanda tangan dan stempel sekolah]
Drs. Budi
Keterangan: pasfoto diletakkan di sebelah kiri tanda tangan kepala sekolah dan stempel/cap sekolah.
Berikut link unduh Surat Keterangan Siswa Kelas 12:
Surat Keterangan Kelas 12 SNBT 2024
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani