Menuju konten utama
Matematika

Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 1 & Pembahasannya

Berikut ini contoh soal ulangan Matematika kelas 1 SD disertai  jawaban dan pembahasannya.

Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 1 & Pembahasannya
Seorang anak pencari suaka (tengah) mengikuti ujian tengah semester di SDN 159 di Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (22/10/2019). ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc.

tirto.id - Contoh soal ulangan Matematika kelas 1 SD meliputi bidang bilangan cacah (0-20), penjumlahan-pengurangannya, satuan waktu dan panjang, bangun ruang, dan berbagai materi lainnya.

Menurut catatan Djaelani dan Haryono dalam Matematika 1 (2008, hlm. 1), matematika mempelajari bilangan cacah pertama kali lewat membaca lambang-lambang atau gambar angka. Pembacaannya diurut mulai dari angka 0 sampai 20.

Sementara itu, materi penjumlahan dan pengurangan dapat dikonsepkan kepada bilangan cacah di atas. Pada penjumlahan, dua angka akan disatukan melalui tanda (+) sehingga menghasilkan bilangan baru.

Sedangkan, materi pengurangan akan menurunkan angka yang dirumuskan melalui lambang (-). Kedua simbol pada penjumlahan dan pengurangan dapat dikombinasikan jika siswa sudah menguasai dasarnya.

Contoh Soal Ulangan Matematika Kelas 1

Berikut ini daftar contoh soal ulangan matematika kelas 1 SD beserta penjelasannya, beberapa di antaranya dilansir dari situs Bank Soal Kemdikbud.

1. Budi mempunyai kelereng 10, sedangkan Ana memiliki kelereng 5. Jika digabungkan berapakah jumlah kelereng Budi dan An?

a. 13

b. 15

c. 14

d. 11

Pembahasan:

Pada soal di atas, dijabarkan budi punya 10 kelereng. Lalu, Ana punya 5 kelereng. Kedua bilangan tersebut dijumlahkan melalui rumus berikut.

10+5=

Untuk menjawabya, Anda hanya perlu menaruh angka 5 untuk mengisi angka 0. Jadi, hasil angka baru yang ditemukan dari penjumlahan tersebut adalah 15.

Jawaban: b

2. Ibu membelikan Sindy 10 buah apel dan ayah membelikan Sindy 2 buah apel. Berapakah jumlah apel sindy secara keseluruhan?

a. 13

b. 11

c. 14

d. 12

Pembahasan:

Sindy memperoleh 10 apel dari ibu, sementara ayahnya menambahkan 2 buah lagi. Dengan begitu, rumus yang tercipta adalah sebagai berikut.

10+2=

Sama seperti soal pertama, angka 2 ditaruh untuk mengisi bilangan 0. Jadi, hasil angka baru yang ditemukan dari penjumlahan di atas adalah 12.

Jawaban: d

3. Ibu punya 6 bola, bola itu dibagikan kepada 3 anaknya. Berapa jumlah bola yang dimiliki masing-masing anak?

a. 3

b. 2

c. 5

d 1

Pembahasan:

6 bola yang dimiliki oleh ibu harus dibagi sama rata kepada 3 anaknya. Untuk melakukan hal tersebut, pertama berikan bola satu-satu ke masing-masing anak melalui pengurangan berikut.

6-1-1-1=3 (satu anak memperoleh 1 bola)

Ketika masing-masing anak memperoleh 1 bola, masih ada sisa bola lain yang berjumlah 3. Pengurangan dengan angka lain bisa dilakukan, misalnya satu anak mendapatkan 2 bola. Berikut rumusnya.

6-2-2-2: 0 (satu anak mendapatkan 2 bola)

Lantaran hasilnya 0, berarti bola yang dimiliki ibu habis. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah masing-masing anak mendapatkan 2 bola.

Jawaban: b

4. 5+7=

a. 12

b. 13

c. 14

d. 15

Pembahasan:

Untuk menjawab soal di atas, kita tidak perlu mencari rumus terlebih dahulu karena angka-angka yang dijumlahkan sudah dirumuskan. Jawaban yang tepat untuk menjawab pertanyaan di atas adalah 12.

Jawaban: a

5.10-5=

a. 8

b. 7

c. 6

d. 5

Pembahasan:

Soal di atas sudah mencantumkan angka ke dalam rumus pengurangan. Oleh sebab itu, Anda hanya perlu langsung menghitungnya. Jawaban yang tepat adalah 5.

Jawaban: d

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Dhita Koesno