tirto.id - Contoh soal pretest PPG berikut disiapkan untuk membantu para calon guru yang akan mengikuti ujian seleksi kompetensi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (Daljab) 2023. Soal yang disajikan sudah meliputi kunci jawabannya.
Pretest adalah tahap awal dari PPG untuk melihat capaian kompetensi calon peserta PPG. Hasil pretest menjadi pedoman pemetaan kompetensi tiap guru pada program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). Setiap peserta pretest harus lulus agar dapat lolos pada tahapan PPG selanjutnya.
PPG Daljab adalah program pendidikan yang diadakan dalam mempersiapkan lulusan S1 Kependidikan dan S1/D4 Non Kependidikan yang mempunyai bakat dan minat menjadi guru, agar menguasai kompetensi guru secara utuh dengan Standar Pendidikan Guru.
Kehadiran guru kompeten diperlukan dalam dunia pendidikan. Mereka memiliki pembelajaran inovatif dan menyenangkan dengan melakukan integrasi pada beberapa aspek berikut:
- Berpikir kritis dan memecahkan masalah;
- Keterampilan komunikasi dan kolaboratif;
- Keterampilan kreativitas dan inovatif;
- Literasi teknologi informasi dan komunikasi;
- Keterampilan pembelajaran kontekstual; dan
- Literasi informasi dan media.
PPG Daljab membekali para guru kemampuan mengatasi masalah, kritis, dan kreatif. Semua itu dilakukan melalui penerapan model pembelajaran dan kegiatan berbasis masalah, serta pembelajaran berbasis proyek.
Contoh Soal Pretest PPG Dalam Jabatan 2023 dan Kunci Jawaban
Berikut contoh soal pretest PPG Daljab 2023 yang memuat soa dalam bentuk pilihan ganda. Kunci jawaban diletakkan pada pilihan jawaban bercetak tebal.
1. Menurut Mohammad Hatta, ide tentang demokrasi di Indonesia pada dasarnya sudah ada sejak dahulu yakni di desa-desa yang ada di wilayah Nusantara. Tidak hanya demokrasi politik, melainkan juga demokrasi sosial dan ekonomi. Bukti adanya demokrasi sosial tersebut adalah adanya ...
A. Hak melakukan demonstrasi
B. Diskusi
C. Musyawarah
D. Gotong royong.
2. Perwujudan sila kelima Pancasila diantaranya penyusunan UU tentang Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS). Hal ini merupakan komitmen pemerintah untuk mewujudkan sila ke 5 dan ketentuan yang terdapat pada UUD 1945 khususnya pasal ….
A. 34, tentang fakir miskin dan anak-anak terlantar.
B. 32, tentang keadilan
C. 33, tentang perekonomian
D. 31, tentang kesetaraan
3. Peninggalan kerajaan Majapahit di bidang karya sastra yang memuat kata Bhinneka Tunggal Ika adalah…..
A. Kitab Negarakertagama.
B. Kitab Arjuna wiwaha
C. Kitab Sutasoma
D. Kitab Pararaton
4. Tuntutan sesuatu yang diajukan oleh golongan pemuda kepada Bung Karno terkait proklamasi kemerdekaan adalah....
A. Menuntut kemerdekaan Indonesia harus diperjuangkan dengan diplomasi
B. Menuntut proklamasi kemerdekaan disampaikan sesegera mungkin.
C. Menuntut perbaikan kesejahteraan rakyat
D. Menyarankan penundaan proklamasi kemerdekaan
5. Pengelolaan lingkungan hidup diselenggarakan dengan asas tanggung jawab negara, asas berkelanjutan dan asas manfaat dengan tujuan untuk...
A. Menjamin tercapainya fungsi lingkungan hidup
B. Memberikan penghargaan kepada orang yang berjasa di bidang lingkungan hidup
C. Membuat teknologi ramah lingkungan
D. Mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup.
6. Rumusan Pancasila sebagai dasar negara yang ditetapkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 telah mengalami perubahan dari bahan dasarnya yakni Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945. Perubahan tersebut terutama pada rumusan sila….
A. Ketiga
B. Keempat
C. Kedua
D. Pertama.
7. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif.
B. kemampuan sosial
C. kemampuan komunikatif
D. kemampuan integrasi diri
8. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah....
A. kemampuan bersosial
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah.
C. kemampuan berkomunikasi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri
9. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia....
A. 0-2 tahun
B. 2-7 tahun
C. 7-11/12 tahun .
D. 11/12/-14/15 tahun
10. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan ...
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit).
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensorimotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan objek yang bersifat konkrit (operasional formal)
11. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan....
A. moral
B. agama
C. Emosional.
D. kognitif
12. Seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar
sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan ...
A. sosial-emosional.
B. agama
C. moral
D. spiritual
13. Peserta didik telah memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal ini merupakan contoh perilaku moral-spiritual pada tahapan ...
A. penalaran pascakonvensional .
B. penalaran kognitif
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
14. Ibu rumah tangga pada suatu hari sedang memasak memakai kompor gas. Sebelum memasaknya selesai ternyata gas habis, kemudian melanjutkan memasak menggunakan kompor listrik. Benda pemuas kebutuhan manusia yang demikian dinamakan ....
A. Saling melengkapi
B. Kombinasi pemenuhan.
C. Substitusi silang
D. Saling mempengaruhi
15. Demokrasi di negara kita adalah merupakan perwujudan dari Sila ke-4 Pancasila yaitu pemerintahan oleh rakyat. Redaksi lengkapnya adalah "Kerakyatan yang dipimpin oleh khidmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan". Dalam praktiknya pengambilan keputusannya ....
A. Melibatkan wakil rakyat yang telah ditunjuk
B. Diwakili rakyat secara tidak langsung di legislatif
C. Melalui perwakilan rakyat di pemerintahan.
D. Berpihak pada kepentingan kelompok masyarakat
16. Pemilihan Kepala Daerah langsung merupakan perwujudan pengembalian hak-hak rakyat dalam memilih kepala daerah. Agar pilkada langsung dapat dijadikan wadah pendidikan politik, rakyat maka harus dilaksanakan secara adil, artinya ….
A. Setiap warga negara dapat memilih sesuai dengan hati nuraninya
B. Memberikan kesempatan yang sama kepada semua tokoh elit politik
C. Setiap pemilih dan peserta pilkada mendapat perlakuan yang sama
D. Semua pihak yang terkait harus melaksanakan sesuai peraturan.
17. Dalam pemerintahan demokrasi (dari, oleh, dan untuk rakyat) sebagai pemegang kekuasaan negara berada di tangan rakyat. Contoh perwujudan pemerintah untuk rakyat adalah ….
A. Setiap kebijakan pemerintah harus disetujui legislatif
B. Kebijakan yang dihasilkan pemerintah untuk rakyat.
C. Rakyat diberi kebebasan
D. Rakyat harus dilibatkan dalam berbagai kebijakan
18. Pandangan secara komprehensif bahwa pemanfaatan sumber daya alam, mempercepat pengurasan persediaan sumber daya yang tak terbarukan. Pemanfaatan alternatif sumber daya tersebut, berarti ....
A. Penganekaragaman penggunaan sumber daya akibat kemajuan IPTEK.
B. Penganekaragaman jenis sumber daya dalam suatu kebutuhan
C. Penggunaan sumber daya sebagai bahan bakar
D. Pemanfaatan sumber daya pengganti bagi sumber daya yang hampir terkuras
19. Penebangan pohon secara tidak beraturan/penebangan hutan secara liar mengakibatkan tanah menjadi gundul, dan pada saat hujan akan mudah longsor, hal ini segera dicegah dengan cara ....
A. Reboisasi.
B. Rekonstruksi
C. Merawat
D. Revitalisasi
20. Norma merupakan suatu kesadaran dan sikap luhur yang dikehendaki oleh tata nilai untuk dipatuhi. Agar norma di sekolah memiliki kekuatan untuk dapat dipatuhi maka bagi pelanggar norma sekolah ....
A. Diberi sanksi sesuai dengan pelanggarannya.
B. Diberi sanksi yang lebih berat
C. Diberi hukuman sesuai ketentuan Kepala Sekolah
D. Dibully
21. Pak Hardi seorang petani pada waktu panen padinya disimpan dalam gudang. Saat musim paceklik, padi tersebut dijual. Tindakan itu termasuk …..
A. Kegiatan menciptakan barang baru
B. Kegiatan efisiensi
C. Kegiatan memindahkan uang
D. Mengatur waktu penggunaan.
22. Menurut pasal 1 ayat 1 UUD 1945, Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik wilayah Negara Indonesia dari sabang sampai merauke yang terdiri pulau-pulau merupakan satu kesatuan yang diikat satu bendera merah putih. Yang dimaksud dengan kesatuan adalah….
A. Negaranya ada satu
B. Sistem pemerintahan Indonesia
C. Bentuk negara Indonesia.
D. Bentuk pemerintahan Indonesia
Di awal pembelajaran siswa mengamati gambar tentang kerukunan hidup dalam masyarakat. Kemudian siswa diminta membuat pertanyaan terkait gambar yang diamati dengan menggunakan kalimat tanya yang tepat. Siswa mengisi tabel perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan. Berdasarkan pengamatan tersebut, siswa diminta menceritakan perilaku yang mencerminkan persatuan dan kesatuan dalam keluarga. Langkah pembelajaran dengan pendekatan saintifik mencakup:
1. Mengamati
2. Menanya
3. Menggali informasi/mencoba
4. Menalar
5. Mengomunikasikan
23. Penggalan pembelajaran di atas, meliputi langkah pendekatan saintifik berikut
A. 1, 2, dan 5
B. 1, 2, dan 4
C. 1, 3, dan 4
D. 1, 3, dan 5.
24. Rumusan KD: Mengamati, mengolah, menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan teks dengan memilih dan memilah kosakata baku. Rumusan indikator: menuliskan informasi dari teks tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia. Salah satu kemampuan yang dinilai adalah mengurutkan sekelompok data. Aspek yang akan dinilai dalam mengurutkan sekelompok data tersebut di bawah ini, kecuali....
A. keterampilan membuat tabel yang baik dan sistematis
B. pengetahuan dan isi
C. penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
D. sikap kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas
25. Sifat-sifat golongan pemuda yang wajib kita kenang dan teladani adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Pemberani dan kuat dalam pendirian
B. Congkak karena keberhasilan.
C. Tidak pantang menyerah
D. Bersatu dan ulet
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Fadli Nasrudin