Menuju konten utama

Cara Refund Tiket Kereta Api KAI 2024, Kena Charge Berapa?

Bagaimana cara melakukan pembatalan tiket kereta api dan pengajuan refund dana? Berapa besar charge-nya? Simak di sini selengkapnya. 

Cara Refund Tiket Kereta Api KAI 2024, Kena Charge Berapa?
Calon penumpang melakukan pembatalan tiket Kereta Api di loket Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Rabu (6/5/2020). ANTARA FOTO/Siswowidod/aww.

tirto.id - Kereta Api Indonesia (KAI) memiliki kebijakan baru mengenai pengembalian dana (refund) atas pembatalan tiket yang dilakukan oleh calon penumpang.

Masa refund lebih pendek sehingga pemilik tiket bisa mendapatkan uangnya lebih cepat. Berapa lama proses refund tiket KAI setelah pengajuan dan bagaimana caranya?

Kebijakan tersebut berlaku mulai 1 Juni 2024. Refund atas pembatalan tiket kini hanya menunggu 7 hari sejak tanggal diajukan. Pemilik tiket akan menerimanya melalui rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan, dan bisa pula dengan tunai.

Regulasi sebelumnya memberlakukan masa refund sepanjang 30-45 hari sejak tanggal pengajuan pembatalan tiket.

Pemilik tiket cukup lama menanti uangnya masuk rekening. Meski demikian, cara pengajuannya tetap sama yakni bisa online melalui aplikasi Access by KAI atau mendatangi di loket tiket stasiun online.

Refund tunai menjadi solusi sementara selama masa transisi bagi pemilik tiket yang tidak punya rekening bank atau e-wallet.

Mereka bisa mengambil di loket stasiun online mulai hari ketujuh setelah pengajuan.Selain itu, refund tunai diberlakukan pula untuk pembatalan tiket pada jenis kereta api perkotaan yang dikelola KAI.

Jumlah uang yang akan diterima oleh pemilik tiket tidak penuh. Refund diberikan sebesar 75 persen dari nilai transaksi, di luar biaya pemesanan. Artinya, KAI mengenakan penalti atas pembatalan tiket sebesar 25 persen.

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api di Aplikasi Access by KAI

Pemilik tiket KA diperbolehkan melakukan pembatalan keberangkatan atas inisiatifnya sendiri. Pembatalan yang mendapatkan pengembalian dana harus dilakukan 2 jam sebelum keberangkatan jika melalui aplikasi Access by KAI.

Jika pengajuan pembatalan lewat loket stasiun, paling lambat dapat dilakukan 30 menit sebelum keberangkatan. Panduan cara pembatalan tiket di aplikasi Access by KAI sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Access by KAI Access di smartphone
  • Ketuk menu “Tiket Saya”
  • Pilih “Kode Booking” tiket untuk dibatalkan
  • Lanjutkan ketuk “Pembatalan”
  • Baca dan pahami mengenai ketentuan pembatalan. Ketuk centang dan pilih “Lanjut”
  • Isi data rekening bank atau e-wallet dan pastikan benar. Rekening bank digunakan untuk pengembalian dana (refund)
  • Cek kembali seluruh data pembatalan. Pilih "Ya saya yakin” dan proses pembatalan tiket selesai

Daftar Loket Stasiun yang Menerima Pembatalan Tiket

Loket stasiun kereta api yang menerima pembatalan tiket terbatas. Berikut daftar stasiun yang bisa dikunjungi jika ingin membatalkan tiket secara langsung:

1. Daop 1 Jakarta

  • Stasiun Gambir
  • Stasiun Pasar Senen
  • Stasiun Jakarta Kota
  • Stasiun Bekasi
  • Stasiun Bogor Paledang
  • Stasiun Cikampek
  • Stasiun Cikarang
  • Stasiun Sukabumi
2. Daop 2 Bandung

  • Stasiun Bandung
  • Stasiun Kiaracondong
  • Stasiun Purwakarta
  • Stasiun Tasikmalaya
  • Stasiun Banjar
3. Daop 3 Cirebon

  • Stasiun Cirebon
  • Stasiun Cirebon Prujakan
  • Stasiun Jatibarang
  • Stasiun Brebes
4. Daop 4 Semarang

  • Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng
  • Stasiun Semarang/Poncol
  • Stasiun Tegal
  • Stasiun Pekalongan
  • Stasiun Cepu
5. Daop 5 Purwokerto

  • Stasiun Purwokerto
  • Stasiun Kutoarjo
  • Stasiun Kroya
  • Stasiun Cilacap
6. Daop 6 Yogyakarta

  • Stasiun Yogyakarta
  • Stasiun Lempuyangan
  • Stasiun Solo Balapan
7. Daop 7 Madiun

  • Stasiun Madiun
  • Stasiun Jombang
  • Stasiun Kediri
  • Stasiun Kertosono
  • Stasiun Blitar
8. Daop 8 Surabaya

  • Stasiun Surabaya Pasarturi
  • Stasiun Surabaya Gubeng Baru
  • Stasiun Malang
  • Stasiun Sidoarjo
  • Stasiun Mojokerto
  • Stasiun Bojonegoro
9. Daop 9 Jember

  • Stasiun Jember
  • Stasiun Ketapang
  • Stasiun Kalibaru
  • Stasiun Probolinggo
  • Stasiun Pasuruan
10. Divre 1 Medan

  • Stasiun Medan
  • Stasiun Kisaran
  • Stasiun Rantauprapat
  • Stasiun Siantar
  • Stasiun Tanjung Balai
  • Stasiun Tebingtinggi
11. Divre 2 Padang

  • Stasiun Padang
12. Divre Palembang

  • Stasiun Kertapati
  • Stasiun Lubuk Linggau
  • Stasiun Prabumulih
13. Divre 4 Tanjungkarang

  • Stasiun Tanjungkarang
  • Stasiun Kotabumi
  • Stasiun Baturaja.

Baca juga artikel terkait CARA REFUND TIKET KERETA API atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yandri Daniel Damaledo