Menuju konten utama

Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati Berbagai Operator

Berikut cara mengaktifkan kartu yang sudah mati dari berbagai operator, yakni XL, 3, Axis, Indosat IM3, dan Telkomsel.

Cara Mengaktifkan Kartu yang Sudah Mati Berbagai Operator
Ilustrasi wanita menyentuh layar handphone. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Cara mengaktifkan kartu yang sudah mati akan bergantung pada kebijakan tiap operator seluler. Karena itu, tata cara reaktivasi kartu seluler yang sudah mati bisa berbeda-beda.

Kartu SIM prabayar dari berbagai operator biasanya memiliki lama masa aktif tidak sama. Akan tetapi, lama masa aktif kartu seluler selalu bergantung pada nilai pulsa atau paket data di nomor ponsel. Ketentuan konversi nilai pulsa ke lama masa aktif kartu seluler juga tidak sama di masing-masing operator telekomunikasi.

Kartu nomor seluler akan berada di masa tenggang bila nomor telah kehabisan masa aktif dan pengguna belum membeli pulsa baru atau paket data. Selama masuk masa tenggang yang lamanya 30 hari, nomor tidak bisa dipakai menelepon atau diblokir sementara agar tidak bisa mengirim dan menerima sms.

Jika masa tenggang terlewati dan pemilik nomor belum mengisi pulsa lagi atau membeli paket data, nomor akan hangus alias kartu mati dan tidak bisa digunakan lagi. Meskipun demikian, pemilik nomor masih bisa mengajukan reaktivasi atau mengaktifkan lagi kartu yang sudah mati.

Bagaimana cara mengaktifkan nomor yang sudah mati? Berikut informasi terbaru tentang cara mengaktifkan kartu yang sudah mati dari berbagai operator seluler di Indonesia.

Cara Mengaktifkan Kartu XL & Axis yang Sudah Mati

Kartu XL dan Axis yang sudah mati dapat kembali diaktifkan di satu layanan. Terdapat 2 cara mengaktifkan kartu XL yang sudah mati dan nomor Axis yang hangus. Pemilik nomor bisa menghubungi XLC online atau datang langsung ke gerai XL Center terdekat.

Hanya saja, syarat utamanya adalah lama nomor XL atau Axis hangus tidak boleh lebih dari 60 hari. Selain itu, ada beberapa persyaratan lainnya untuk mengatifkan kartu XL dan Axis yang sudah mati.

Adapun tata cara mengaktifkan kartu XL dan Axis yang sudah mati beserta persyaratanya adalah sebagai berikut:

1. Syarat Mengaktifkan Kartu XL yang sudah Mati (dan Axis):

  • Menyerahkan Dokumen e-KTP/KITAP/KITAS/Paspor
  • Menyerahkan Nomor Kartu Keluarga
  • Menyerahkan Foto diri pemilik nomor bersama dokumen jika pengajuan lewat online
  • Jika reaktivasi di gerai XL Center, pengguna harus bersedia diambil foto dirinya saat memegang kartu identitas diri asli.
  • Untuk pengajuan reaktivasi kartu lewat XL Center, ada biaya administrasi Rp5.000. Biaya ini menjadi gratis apabila dilakukan pengisian pulsa minimal Rp50.000 yang diproses dari XL Center. Adapun pengajuan reaktivasi secara online gratis
  • Pengajuan reaktivasi kartu XL atau Axis dengan diwakilkan melalui XL Center dapat dilakukan selama ada surat kuasa yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000 dan membawa kartu identitas asli kedua belah pihak
  • Aktivasi dilakukan melalui proses validasi yang lengkap.
  • Lama nomor hangus tidak lebih dari 60 hari.

2. Cara mengaktifkan nomor XL yang sudah hangus (dan Axis) di XLC Online:

  • Buka laman XLC Online di xlcenter.xl.co.id/transaction
  • Unggah semua data yang diminta, yaitu e-KTP dan Kartu Keluarga; foto kartu SIM yang tertera 16 digit angka (jika ada); swafoto dengan e-KTP, dan foto tanda tangan di kertas putih.
  • Masukkan data nomor HP lain yang dapat dihubungi lewat WhatsApp untuk proses validasi.
  • Selanjutnya, ikuti arahan sistem.

3. Cara Mengaktifkan Nomor XL yang Sudah Hangus (dan Axis) di Gerai XL Center:

  • Datangi Gerai XL Center terdekat.
  • Daftar lokasi XL Center bisa dicek di link ini: xl.co.id/bantuan/xlcenter-lokasi.
  • Bawa kartu Sim lama yang akan diaktifkan dan seluruh dokumen persyaratan.
  • Ikuti petunjuk petugas operator di Gerai XL Center.

Cara Mengaktifkan Kartu Indosat IM3 yang Sudah Mati

Pengaktifan kembali kartu SIM mati IM3 dari operator Indosat hanya bisa dilakukan jika lama nomor nonaktif masih kurang dari 30 hari semenjak berakhirnya masa tenggang.

Reaktivasi kartu IM3 yang sudah mati bisa dilakukan melalui layanan kode USSD tertentu dan aplikasi My IM3. Layanan ini gratis. Dengan demikian, pengguna bisa melakukannya tanpa perlu datang ke gerai Indosat.

Proses reaktivasi kartu IM3 hanya bisa dilakukan satu kali untuk satu nomor kartu. Untuk melakukan reaktivasi kartu IM3, pemilik nomor hanya perlu menyiapkan nomor KK serta Nomor Induk Kependudukan (NIK atau Nomor KTP).

Ada prosedur sedikit berbeda di dua cara mengaktifkan kartu Indosat (IM3) yang sudah mati. Berikut ini 2 cara mengaktifkan kartu yang sudah mati untuk nomor IM3:

1. Cara Reaktivasi Kartu IM3 Melalui Nomor USSD *123*89#

  • Siapkan NIK dan nomor KK (Kartu Keluarga) sesuai nama pemilik kartu
  • Buka menu panggilan dan hubungi *123*89#
  • Masukkan data NIK
  • Masukkan nomor KK
  • Pelanggan segera memperoleh SMS dari 4444 untuk informasi terkait status permintaan reaktivasi kartu IM3.

2. Cara Reaktivasi Kartu IM3 Melalui aplikasi myIM3

  • Siapkan NIK dan nomor KK (Kartu Keluarga) sesuai nama pemilik kartu
  • Buka aplikasi myIM3
  • Ketuk banner reaktivasi yang ada di halaman utama
  • Masukkan NIK
  • Masukkan nomor KK
  • Pengguna akan memperoleh pesan di inbox (pesan masuk) aplikasi myIM3, atau mendapat SMS dari 4444 untuk informasi terkait status reaktivasi.

Cara Mengaktifkan Kartu Tri yang Sudah Mati

Meski IM3 dan Tri kini sama-sama berada dalam satu perusahaan merger, cara reaktivasi kartu 3 berbeda dengan Indosat. Terdapat tiga jenis cara reaktivasi kartu 3 yang hangus.

Untuk mengaktifkan kartu 3 yang sudah mati, pemilik nomor hanya perlu mempersiapkan e-KTP dan/atau Kartu Keluarga. Proses reaktivasi pun gratis. Namun, pemilik nomor perlu menyiapkan uang Rp150.000 untuk mengisi paket internet di nomor 3 yang direaktivasi.

Cara mengaktifkan kartu 3 yang hangus bisa dilakukan di WhatsApp customer service Tri, Aplikasi Bima+, dan gerai 3Store. Adapun cara mengaktifkan kartu Tri yang sudah mati adalah sebagai berikut:

1. Cara Reaktivasi Kartu 3 via WhatsApp customer service Tri

  • Masuk ke chat WhatsApp customer service (CS) Tri di nomor 08999800123
  • Sapa kolom chat CS
  • Sampaikan maksud untuk reaktivasi kartu 3 yang hangus
  • Tunggu sampai mendapat respons dari CS
  • CS akan menjelaskan prosedur reaktivasi kartu Tri
  • Ikuti semua langkah yang dijelaskan dalam prosedur tersebut

2. Cara Reaktivasi Kartu 3 di Aplikasi Bima+

  • Unduh dan pasang aplikasi Bima+ di hp
  • Pilih menu “Customer Service” atau “CS”
  • Lakukan live chat
  • Sampaikan keluhan terkait reaktivasi nomor Tri yang mati.
  • Ikuti arahan yang disampaikan petugas customer service Tri.

3. Cara Reaktivasi Kartu 3 di Gerai 3Store

  • Kunjungi gerai 3Store terdekat dengan membawa semua persyaratan.
  • Pemilik kartu harus datang sendiri dan tidak dapat diwakilkan.
  • Sampaikan tujuan mengaktifkan kembali nomor Tri yang sudah mati pada petugas
  • Ikuti semua petunjuk dan umumnya akan diminta mengisi formulir
  • Kartu SIM baru dengan nomor lama akan diberikan dan aktif dalam waktu 3-7 hari.

Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel Mati

Kartu telkomsel yang sudah mati bisa diaktifkan kembali dalam retang waktu 175 hari dari akhir masa tenggang. Apabila sudah melewati masa hangus, nomor akan masuk ke masa daur ulang (ready for recycle).

Reaktivasi kartu Telkomsel mati tidak dikenakan biaya. Namun, pemilik nomor biasanya akan dianjurkan mengisi ulang pulsa atau paket data minimal Rp10 ribu agar masa aktif bisa langsung diperpanjang.

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel sudah mati bisa dilakukan dengan tiga jenis metode. Berikut tata cara reaktivasi kartu Telkomsel mati:

1. Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel Mati Melalui Dial *888*89#

  • Siapkan KTP dan KK sesuai dengan yang didaftarkan saat registrasi nomor
  • Siapkan kartu Telkomsel fisik yang akan diaktifkan kembali
  • Hubungi dial number *888*89# dari nomor yang hangus
  • Pilih “Reaktivasi kartu”
  • Pilih “Setuju” dengan semua ketentuan
  • Masukkan nomor KTP dan KK
  • Sistem akan mengirim SMS pemberitahuan status reaktivasi nomor yang hangus (bisa dilakukan atau tidak)

2. Cara Reaktivasi Kartu Telkomsel Melalui Telkomsel e-Care

  • Siapkan KTP dan KK sesuai yang didaftarkan saat registrasi nomor
  • Hubungi customer service Telkomsel melalui DM (Direct Message) di akun media sosial Instagram @telkomsel atau X/Twitter @telkomsel, dengan mengetik “reaktivasi prepaid”.
  • Semua akun tersebut telah bercentang atau terverifikasi masing-masing media sosial.
  • Sistem akan memberikan link untuk upload foto KTP, nomor KK, dan foto SIM card fisik yang akan direaktivasi
  • Pengguna akan masuk ke antrean video call untuk proses validasi data
  • Ikuti instruksi petugas hingga reaktivasi berhasil dilakukan.

3. Cara Reaktivasi Kartu Telkmomsel Melalui GraPARI

  • Kunjungi gerai GraPARI terdekat
  • Bawa KTP, Kartu Keluarga, dan kartu SIM Telkomsel yang hangus
  • Pemilik nomor harus datang dalam proses validasi data dan tidak boleh diwakilkan.
  • Ikuti semua prosedur yang disampaikan petugas GraPARI
  • Jalankan prosedur sampai reaktivasi nomor berhasil dilakukan.

Baca juga artikel terkait KARTU SELULER atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Teknologi
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom