Cara Mendidik Anak Jadi Mandiri dan Memiliki Kedisiplinan

Oleh: Dhita Koesno - 23 September 2020
Dibaca Normal 2 menit
Cara mendidik anak jadi mandiri dan memiliki kedisiplinan: yang utama berikan tanggungjawab.
tirto.id - Mendidik dan membesarkan anak merupakan kewajiban semua orangtua, selain itu orangtua juga bertanggung jawab untuk mendisiplinkan dan membentuk masa depan anak-anak mereka.

Semua orangtua pasti ingin anaknya sehat, aman dan sukses. Namun, terkadang orang tua mungkin terlalu banyak membantu untuk melindungi anak-anak mereka dari rasa sakit, bahaya, pengalaman buruk, ketidakbahagiaan, kegagalan dan penolakan.

Hanya saja perlindungan orangtua pada anak-anaknya terkadang terlalu berlebihan, bahkan menurut sebuah penelitian, mereka bisa berubah menjadi orang tua yang terlalu protektif yang menghalangi anaknya menjadi orang yang mandiri.

Orang tua yang terlalu protektif membuat segalanya lebih mudah bagi anak-anaknya sehingga mereka tidak harus menghadapi banyak kesulitan dalam hidup mereka.

Penting untuk diingat bahwa orang tua yang terlalu protektif sama seperti semua orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka.

Namun menjadi orang tua yang terlalu protektif dapat menghentikan anak untuk mandiri dan melakukan sesuatu sendiri.


Cara Mendidik Anak Mandiri


Berikut ini beberapa cara untuk mendidik anak menjadi pribadi mandiri dan memiliki kedisiplinan sejak usia dini seperti dilansir laman Boldsky:

1. Beri tanggung jawab

Ini akan membuat anak lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan membantu mereka menjadi lebih sukses di sekolah dan dalam kehidupannya.

Mulailah memberi anak beberapa pekerjaan rumah tangga tergantung pada usia anak dan seberapa dapat diandalkan dan terfokusnya mereka.

Sebuah studi menyebutkan, pekerjaan rumah tangga seperti menyapu lantai, mencuci piring atau menyiapkan meja bisa diberikan kepada anak.

Memberikan tanggung jawab kepada anak-anak Anda tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan dirinya, tetapi juga pekerjaan mereka akan menjadi kontribusi yang berharga bagi keluarga.

2. Biarkan anak membuat keputusan kecil

Orang tua mungkin memutuskan segalanya untuk anak seperti apa yang akan dimakan atau pakaian apa yang akan dikenakan. Tapi, Anda harus membiarkan anak membuat keputusan sendiri dalam hal-hal kecil.

Saat anak diberi kebebasan untuk membuat keputusan sendiri, mereka belajar membuat pilihan. Dan ini membuat mereka mandiri dalam mengambil keputusan yang lebih besar dan lebih kecil sendiri.

3. Biarkan mereka mengerjakan pekerjaan rumahnya (PR) sendiri

Anda tidak boleh memberi tahu anak-anak tugas sekolah apa yang harus mereka lakukan dan kapan waktunya. Biasakan mereka membuat jadwal waktu yang mencakup mengerjakan pekerjaan rumah (PR) mereka sendiri dan belajar untuk ujian.

Menciptakan kebiasaan kerja yang tepat waktu akan membuat anak Anda belajar bagaimana menangani tanggung jawab mereka sendiri secara mandiri dan tidak bergantung pada orang tua untuk pekerjaan sekolah.

4. Biarkan mereka melakukan kesalahan

Anak-anak akan gagal dan membuat kesalahan. Biarkan mereka melakukan kesalahan sehingga mereka dapat belajar darinya dan tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi.

Jika anak Anda melakukan kesalahan, jangan memarahinya, tetapi katakan di mana kesalahan mereka dan bagaimana mereka bisa melakukannya dengan lebih baik di lain waktu.

5. Ajari mereka untuk memecahkan masalah

Jika anak Anda mengalami masalah apa pun di sekolah atau dengan teman, bimbing mereka untuk mengidentifikasi masalah dan menyelesaikan masalah tersebut.

Bantu anak mengidentifikasi masalah dan menemukan beberapa solusi, jika anak Anda kesulitan untuk menemukan ide.

Kemudian bantu anak mengidentifikasi konsekuensi positif dan negatif dari setiap solusi dan setelah anak Anda mengevaluasi hasil positif dan negatif, dorong mereka untuk memilih solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Ini akan membantu anak Anda mempelajari keterampilan pemecahan masalah dan menjadi percaya diri dalam menemukan solusi untuk masalah tersebut.

6. Ajari anak untuk menjadi pemikir yang mandiri

Keberhasilan anak-anak Anda bergantung pada seberapa baik mereka berpikir sendiri dan dengan cara apa mereka menemukan solusi dari pemikiran mandiri mereka.

Dorong anak Anda untuk membiasakan diri memikirkan berbagai hal dan membentuk opini serta solusi mereka sendiri karena hal ini akan membuat mereka mandiri.


Baca juga artikel terkait MENDIDIK ANAK-ANAK atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight