Menuju konten utama

Cara Membuat Linktree dengan Mudah, Cocok untuk Jualan Online!

Anda ingin tahu bagaimana cara membuat linktree gratis dengan cepat dan mudah? Simak panduan lengkap berikut!

Cara Membuat Linktree dengan Mudah, Cocok untuk Jualan Online!
Ilustrasi media sosial. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Mereka yang berjualan online, penting mengetahui cara membuat linktree. Fungsi penting linktree ialah untuk memudahkan pelanggan mengakses informasi tentang berbagai jenis barang atau jasa yang ditawarkan.

Apa itu linktree? Sejatinya linktree adalah layanan atau platform untuk menghubungkan audiens atau target pemasaran dengan seluruh tautan yang Anda miliki. Tautan itu akan membawa target konsumen ke informasi barang atau layanan yang ditawarkan.

Dengan linktree, tautan berbagai barang atau layanan yang dijual itu akan berada dalam satu halaman website khusus atau landing page. Audiens atau konsumen bisa mengakses semua konten hanya dengan satu klik pada tautan atau link utama saja.

Lantas, bagaimana cara membuat linktree? Simak panduan lengkap berikut!

Cara Membuat Linktree Gratis

Sebelum mempelajari cara membuat linktree gratis, Anda perlu tahu bahwa dalam tautan linktree sudah terdapat berbagai informasi penting seputar media sosial pemiliknya. Pada tautan tadi, juga bisa disampaikan berbagai informasi seputar produk atau layanan jasa.

Anda bisa menyematkan tautan linktree itu pada beberapa akun media sosial. Ketika ada konsumen mengunjungi media sosial tadi, mereka bisa klik linktree itu untuk mengakses berbagai informasi tentang produk dan layanan jasa Anda.

Berikut ini panduan lengkap tata cara membuat linktree dan membagikannya di berbagai platform media sosial:

1. Buat Akun Linktree

Sebelum membuat linktree, Anda harus memiliki akun di platform linktree. Begini cara membuat akun linktree:

  • Buka laman https://linktr.ee/register.
  • Masukkan alamat email yang aktif.
  • Pilih nama pengguna atau username. Nama ini akan menjadi URL Linktree Anda.
  • Buat kata sandi.
  • Tekan 'Register'.
  • Masukkan nama depan dan belakang.
  • Pilih 3 kategori yang paling menggambarkan Anda atau bisnis Anda.
  • Pilih paket berlangganan.
  • Anda bisa memilih akun gratis dengan mengklik "continue with free." Namun, bila ingin berlangganan, Anda harus memilih yang pro.
  • Lakukan verifikasi melalui email yang digunakan.
  • Pembuatan akun linktree selesai.

2. Buat Tautan Linktree

Langkah selanjutnya adalah membuat tautan atau link pada akun linktree Anda. Berikut ini cara buat tautan di akun linktree:

  • Masuk ke Admin Linktree.
  • Klik 'Add New Link’, kemudian kolom pembuat tautan akan muncul di bawah.
  • Beri judul tautan, ini akan muncul disamping tombol di Linktree.
  • Tambahkan URL (ada gambar pensil abu-abu kecil di tempat isian).
  • Tautan atau link ini sekarang telah berhasil tayang di Linktree Anda.
  • Jika ingin menyembunyikan tautan ini cukup klik tombol di kanan atas.

3. Bagikan Tautan Linktree

Anda bisa membagikan tautan linktree yang sudah dibuat. Berikut ini cara membagikan akun linktree Anda agar bisa menjangkau audiens lebih luas:

  • Masuk ke Admin Linktree Anda.
  • Di sebelah kanan URL Linktree, Anda akan melihat 'Share’.
  • Klik 'Share' untuk melihat opsi yang ada.
  • Pilih di mana Anda ingin membagikan Linktree dari opsi yang tersedia.
  • Jika Anda ingin menyalin URL, pilih 'Copy' di bagian bawah sebelah URL.
  • Pilih 'My Linktree QR code' untuk mengunduh kode QR.
  • Kode OR ini bisa digunakan oleh konsumen offline yang ingin mengunjungi konten online Anda.
Nah, bagaimana cara buat linktree di platform Instagram, Facebook, Twitter dan TikTok? Simak panduan berikutnya untuk membagikan linktree di berbagai media sosial tersebut.

4. Cara Buat Linktree di Instagram

  • Masuk ke akun Instagram Anda.
  • Pergi ke halaman profil dengan mengetuk gambar profil Anda.
  • Klik 'Edit Profile'
  • Tempel URL Linktree ke kolom 'Website'
  • Sekarang linktree Anda tersemat di akun Instagram Anda.

5. Cara Buat Linktree di Facebook

  • Masuk ke akun Facebook Anda.
  • Pergi ke halaman 'About' di profil.
  • Klik bagian 'Contact and basic info'
  • Pilih '+Add a website'
  • Tempelkan URL Linktree Anda ke bagian 'Website address'
  • Klik 'Save’
  • Sekarang linktree Anda sudah ada di akun Facebook.

6. Cara Buat Linktree di Twitter

  • Masuk ke akun Twitter Anda.
  • Pergilah ke profil.
  • Klik 'Edit Profile’.
  • Tempelkan URL Linktree Anda ke bagian Website.
  • Sekarang linkree Anda ada di Twitter.

7. Cara Buat Linktree di TikTok

  • Masuk ke akun TikTok Anda.
  • Untuk menambahkan Linktree ke akun TikTok, Anda harus beralih ke akun bisnis.
  • Buka bagian 'Profile' di akun Anda.
  • Klik 'Manage Account' dan alihkan ke 'Business Account'.
  • Klik 'Edit profile’.
  • Tempel URL Linktree Anda ke kolom 'Website’.
  • Klik 'Save’.
  • Akun linktree Anda sekarang ada di TikTok.

Manfaat Linktree untuk Aktivitas Bisnis

Linktree punya banyak manfaat untuk kegiatan bisnis. Salah satu manfaatnya membuat calon konsumen lebih mudah melihat berbagai barang atau jasa yang dijual.

Kemudahan ini menjadi salah satu daya tarik bagi banyak orang untuk mengunjungi profil akun bisnis, sekaligus membeli berbagai barang atau jasa yang dijual via medsos maupun situs web.

Di zaman serba instan ini, banyak orang ingin lebih cepat memilih dan membeli barang atau jasa yang ia cari. Dengan menggunakan linktree, pelaku bisnis bisa memenuhi satu syarat keberhasilan sebuah usaha, yaitu mudah dan cepat.

Agar lebih jelas, berikut ini berbagai manfaat linktree untuk kegiatan bisnis:

  1. Konsumen target pemasaran lebih mudah mengakses informasi mengenai berbagai produk dan layanan jasa yang ditawarkan.
  2. Konsumen atau audiens lebih mudah mengetahui channel bisnis online, akun media sosial, dan platform marketplace dari sebuah toko lewat satu page landing.
  3. Bisa meningkatkan traffic ke semua channel bisnis, baik toko online pada beberapa platform marketplace ataupun media sosial.
  4. Pelanggan lebih mudah mengakses channel bisnis atau melihat produk dan layanan yang dijual hanya dengan satu kali klik.
  5. Anda bisa membuat riset pasar sederhana, dan mengetahui potensi konsumen dari jumlah pengunjung yang mengklik tautan Linktree yang disematkan.
  6. Dari jumlah klik atau kunjungan itu, Anda bisa mengetahui seberapa besar respons pasar terhadap produk atau layanan yang dijual.
  7. Anda bisa mengetahui sejauh mana efektivitas online marketing yang diterapkan selama ini. Jika apa yang sudah dilakukan tidak efektif, Anda perlu melihat strategi marketing lainnya yang perlu dicoba.

Baca juga artikel terkait MEDIA SOSIAL atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Byte
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Addi M Idhom