Cara Dapat Kuota Gratis 50 GB Dikti untuk Mahasiswa dan Dosen

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 8 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Cara mendaftar kuota gratis Dikti untuk mahasiswa dan dosen sebesar 50 Gb per bulan dari September-Desember 2020.
tirto.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberi bantuan kuota gratis untuk mahasiswa dan dosen sebsar 50 Gb per bulan. Bantuan kuota ini diberikan sebagai bentuk implementasi dari SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Tahun Ajaran 2020/2020 pada masa Pandemi Covid-19.

"Hallo #sobatpddikti pasti diantara pengelola PDDikti, dosen maupun mahasiswa sudah mengetahui informasi mengenai bantuan kuota internet bagi mahasiswa dosen," tulis Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti).

PDDikti memberikan syarat penerima bantuan kuota gratis ini, yaitu:

1. Melakukan pemutakhiran data kontak mahasiswa dan dosen, sesuai dengan surat yang dirilis oleh Ditjen Dikti pada 21 Agustus 2020 tentang Pemutakhiran Data pada PDDikti.

2. Melengkapi dan melakukan validasi data pada seluruh dosen dan mahasiswa aktif terutama pada nomor seluler yang masih digunakan saat ini.

3. Melakukan pengalihan bantuan serupa yang sudah dilakukan agar tidak terjadi duplikasi bantuan.

Batas akhir waktu pemutakhiran data ialah hari Jumat tanggal 11 September 2020.

Perguruan tinggi yang berhak mendapat kuota gratis ini adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang berada di bawah naungan Kemendikbud.

Yang melengkapi dan melakukan validasi data nomor seluler adalah pengelola PDDikti di masing-masing perguruan tinggi.

Pengisian kuota internet akan dilakukan mulai tanggal 15 setiap bulan September-Desember 2020.

Yang menerima bantuan kuota adalah dosen dan mahasiswa dengan status aktif yang terdaftar di PDDikti serta diajukan oleh perguruan tinggi untuk mendapatkan bantuan, termasuk mahasiswa baru.

Mahasiswa bisa mengecek apakah data Anda terdaftar di PDDikti atau tidak melalui situs web https://pddikti.kemdikbud.go.id/. Anda bisa mengetik di laman pencarian dengan keyword: [Nama PT] [Nama Prodi] [Nama Mahasiswa] [Nama Dosen] [NIM] [NIDN] atau isi formulir yang terdapat di laman PDDikti berupa:

1. Kategori

2. Keyword

3. Akreditasi

4. Provinsi

5. Jenis

6. Status

7. Lingkup Koordinasi

8. Tipe (Swasta/Negeri) dan klik "Cari".

Sesditjen Dikti, Paristyanti Nurwardani, menyampaikan, sampai saat ini sudah terdapat 25,64 % mahasiswa dari jumlah mahasiswa 7,9 juta yang sudah melakukan validasi nomor telepon selulernya kepada PDDikti, kemudian dosen-dosen sebanyak 33,28 % dari jumlah 287 ribu orang juga sudah melakukan validasi nomor telepon.

Lebih lanjut ia menerangkan tentang mekanisme untuk kuota mahasiswa dan dosen sebanyak 50 GB per bulan yang akan diberikan setelah verifikasi dan validasi dilakukan oleh perguruan tinggi dan PDDikti.

"Kami sudah melakukan kerjasama implementasi dengan semua provider yang telah melakukan MoU, maka kepada nomor telepon mahasiswa dan dosen, setelah diverifikasi akan diisikan paket data atau kuota internet sebanyak 50 GB selama satu bulan,” terangnya.

Paristiyanti juga menambahkan bahwa dalam waktu dekat dilakukan sosialisasi, terutama juga bisa dilakukan dengan webinar yang intensif terkait dengan mekanisme untuk bantuan kuota dari Kemendikbud.

"Semoga pada tanggal 11 September 2020 kami sudah menyelesaikan seluruh validasi nomornya. Jika masih kurang dari 95%, maka kami akan melakukan berbagai tindak lanjut untuk menjangkau 5% yang tersisa,” tutur Paristiyanti.


Baca juga artikel terkait KUOTA GRATIS atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight