Cara Cetak Kartu UTBK dan Syarat Yang Dibawa pada Ujian SBMPTN 2022

Penulis: Yulaika Ramadhani - 19 Mei 2022 14:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara cetak Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2022, salah satu dokumen penting yang wajib dibawa saat ujian.
tirto.id - Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2022 adalah salah satu dokumen penting yang wajib dibawa saat ujian UTBK SBMPTN 2022.

Adapun, hal-hal yang harus diperhatikan dan dokumen penting yang harus dibawa peserta UTBK SBMPTN 2022 adalah sebagai berikut:

1. Dokumen yang harus dibawa pada saat ujian:

a. Kartu Tanda Peserta UTBK-SBMPTN 2022;

b. Bagi Angkatan 2022, Surat Keterangan Kelas 12 asli yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah serta berisi: nama siswa, NISN Siswa, NPSN Sekolah, dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru, dan dibubuhi cap sekolah;
atau Surat Keterangan Lulus (SKL) dengan atau tanpa pasfoto; atau Ijazah/Legalisir Ijazah;
c. Bagi lulusan 2020 dan 2021: Ijazah/Legalisir Ijazah;
d. Identitas diri lain seperti KTP, SIM, atau Kartu Pelajar.

2. Mengenakan masker pada saat berada di lokasi ujian dan menjaga jarak fisik.

3. Mengenakan baju bebas (kemeja atau kaos berkerah), sopan, dan bersepatu.


Untuk peserta yang belum mencetak kartu UTBK berikut adalah caranya selengkapnya:


Cara Cetak Kartu UTBK Peserta SBMPTN 2022


  1. Registrasi Akun LTMPT: Wajib bagi semua calon pendaftar UTBK-SBMPTN menggunakan NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir di laman portal.ltmpt.ac.id.
  2. Login: Menggunakan akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id
  3. Memilih Menu Verifikasi dan Validasi Data: Mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata
  4. Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SBMPTN: Melengkapi (1) Biodata, (2) Memilih Program Studi, (3) Mengunggah Portofolio, (4) Memilih Pusat UTBK PTN, dan (5) mendapatkan Slip Pembayaran
  5. Membayar di Bank: Pembayaran biaya dilakukan di bank Mitra (Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI) menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 2x24 jam.
  6. Mencetak Kartu Peserta UTBK-SBMPTN: Login ke laman portal.ltmpt.ac.id memilih menu pendaftaran UTBK-SBMPTN untuk mencetak Kartu Peserta UTBK



Solusi Lupa Email atau Password


Solusi terhadap kendala dalam situasi ini agak sedikit berbeda. LTMPT menjelaskan, peserta dapat menghubungi laman halo.ltmpt.ac.id jika statusnya lupa email dengan melengkapi data-data yang dibutuhkan.

“Jika Anda lupa email silahkan mengirim tiket ke halo.ltmpt.ac.id dengan menyebutkan Nama Lengkap, NISN, NPSN, NIK, Alamat Lengkap, Tempat-Tanggal Lahir saudara, surat pernyataan pribadi dengan kop surat sekolah resmi dengan dibubuhi materai serta surat keterangan dengan kop resmi dari sekolah dengan tanda tangan serta stempel basah sekolah,” penjelasan LTMPT.

Sedangkan jika lupa password, peserta dapat menggunakan menu lupa password pada laman login akun LTMPT untuk mendapatkan kata sandi yang baru. Solusi untuk permasalahan kedua cukup dengan memasukan alamat email yang didaftarkan.

UTBK-SBMPTN 2022 sendiri saat ini akan memasuki pelaksanaan UTBK Gelombang I yang bakal berlangsung pada tanggal 17-23 Mei 2022. Pelaksanaan ini terdiri dari dua gelombang, yang Gelombang II akan berlangsung pada tanggal 28 Mei-3 Juni 2022.

Untuk diketahui, kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi). Alokasi 195 menit
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Alokasi 195 menit
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek, dan TKA Soshum. Alokasi 285 menit

Sementara pengumuman hasil SBMPTN sendiri akan disampaikan pada tanggal 23 Juni 2022. Dan, masa unduh Sertifikat UTBK pada tanggal 25 Juni-31 Juli 2022.


Baca juga artikel terkait UTBK SBMPTN atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight