Copa America 2019

Cafu Percaya Brasil Mampu Juara Copa America Tanpa Neymar

Oleh: Gilang Ramadhan - 14 Juni 2019
Dibaca Normal 1 menit
Mantan bek tim nasional Brasil, Cafu, masih percaya Selecao mampu meraih gelar Copa America 2019 kendati tidak diperkuat oleh Neymar.
tirto.id - Mantan bek AS Roma dan tim nasional (timnas) Brasil, Cafu, percaya Selecao masih mampu memenangkan Copa America 2019 meskipun tanpa bintang andalannya, Neymar, yang dirundung cedera pergelangan kaki.

Penyerang Paris Saint Germain (PSG) tersebut harus menepi seminggu jelang laga pembuka kontra Bolivia Sabtu (15/6) mendatang. Gelandang Chelsea, Willian Borges dipanggil untuk menggantikannya.

"Brasil kehilangan pemain hebat, salah satu yang paling penting di tim nasional, yang mengubah banyak hal secara taktik," kata Cafu dilansir dari Sport-English.

"Tite [pelatih Brasil] harus membangun tim tanpa dia, tetapi saya percaya bahwa ini tidak akan mencegah pemilihan tim untuk memainkan permainan hebat dan bahwa Brasil bisa memenangkan gelar. Saya pikir ini akan menjadi Copa America yang berbeda dari yang lain, dengan tim-tim besar."

Pemilik nama lengkap Marcos Evangelista de Morais itu sempat merasakan manisnya mengangkat trofi Copa America bersama Brasil yakni pada tahun 1997 dan 1999. Sementara Brasil terakhir kali mengangkatnya pada 2007 silam.

Selecao total mengoleksi 8 gelar Copa America. Akan tetapi mereka tidak mampu lolos dari fase grup pada turnamen edisi sebelumnya.



Kendati kehilangan Neymar, skuat Brasil kali ini tetap menjadi favorit, selain faktor tuan rumah. Lini depan masih diisi nama-nama seperti Philippe Coutinho, Gabriel Jesus, Roberto Firmino hingga bintang Ajax Amsterdam, David Neres.

Pelatih Brasil, Tite, membuktikan pada para penggemar Brasil untuk tidak khawatir mengarungi Copa America 2019 ini. Pada laga persahabatan terakhir melawan Honduras Senin (10/6) lalu, Philippe Coutinho dan kolega menang dengan skor 7-0.

"Skuat fokus pada persiapan tim. Saya tidak akan pernah ingin berada dalam situasi bermain tanpa Neymar, salah satu dari tiga pemain terbaik di dunia, tetapi kita harus siap. Kami tidak dapat menyangkal tanggung jawab [untuk menang]," kata Tite.

"Tentu saja kami ingin menang. Tetapi kami sadar bahwa kami harus membangun langkah-langkah untuk meraih trofi tersebut."

Tuan rumah Brasil akan melakoni laga pembuka melawan Bolivia pada Sabtu (15/6/2019) pukul 07.30 WIB di Estadio di Morumbi, Sao Paulo. Selecao tak pernah kalah dari 11 laga kandang terakhir melawan Bolivia.


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2019 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Iswara N Raditya