Biaya Hidup di Bandung untuk Mahasiswa, Makan hingga Indekos

Penulis: Balqis Fallahnda, tirto.id - 25 Jan 2023 12:37 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Biaya hidup mahasiswa di Bandung, harga kos-kos-an, biaya transportasi, hingga makan sehari-hari.
tirto.id - Bandung adalah salah satu destinasi kota tujuan bagi mahasiswa baru dalam mendaftar kuliah. Oleh karena itu besaran biaya hidup di Bandung bagi mahasiswa acap menjadi pertanyaan sebelum memutuskan untuk tinggal di kota yang berjuluk Paris Van Java ini.

Kota Bandung tersedia beragam jenis perguruan tinggi yang dapat menjadi pilihan mahasiswa baru, mulai dari negeri hingga swasta. Perguruan tinggi yang terkenal di kota ini antara lain ITB, UNPAD, UPI, UNISBA, Telkom, UNPAR, dan masih banyak lagi.

Dilansir laman UNPAR, Kota Bandung terkenal dengan kota kreatif yang cocok untuk kaum muda karena identik dengan kebebasan berekspresi. Kebebasan berekspresi adalah dasar utama lahirnya kreatifitas.


Bandung adalah salah satu kota yang banyak bergerak di industri kreatif dan pemuda merupakan elemen penggerak yang sangat krusial di kota ini.

Tak hanya itu, Bandung juga memiliki bentang alam yang indah. Cuacanya nyaman dan sejuk, sangat ideal untuk belajar.

Sebelum memutuskan untuk menimba ilmu dan tinggal di kota Bandung, mengetahui perkiraan besaran biaya hidup di Kota Bandung perlu untuk dilakukan sebagai bahan pertimbangan.

Biaya Kost di Bandung per Bulan

Akomodasi atau tempat tinggal adalah aspek utama yang perlu dipenuhi. Di Bandung banyak tersedia sewa indekos atau ruangan per kamar untuk mahasiswa. Indekos juga memiliki harga yang berbeda tergantung fasilitas yang disediakan.

Bagi mereka yang lebih nyaman untuk tinggal di rumah, bisa mencari rumah kontrakan untuk ditinggali. Namun, kontrakan rumah cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan sewa kamar.

Jika dirata-rata biaya indekos di Bandung per bulan sekitar Rp800.000 – Rp1.500.000 per bulan.



Biaya Makan di Bandung per Bulan

Makanan di Bandung juga cukup beragam, Anda dapat memilih makan di warteg atau di restaurant. Warung makan sederahana biasanya cukup ramah kantong, sedangkan makan di restaurant mewah tentu lebih menguras kantong. Namun, jika memiliki waktu, memasak sendiri bisa menjadi pilihan.

Setiap orang normalnya makan sebanyak tiga kali sehari, maka jika dikalkulasi kisaran biaya makan di Bandung adalah Rp1.000.000 – Rp1.500.000 per bulan.


Biaya Transportasi di Bandung per Bulan

Bandung memiliki sejumlah transportasi umum yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa dan umum agar lebih mudah melakukan mobilitas. Angkot adalah salah satu moda transportasi umum yang kerap digunakan di Bandung, biayanya cukup terjangkau sekitar Rp3.500 hingga Rp7.000 tergantung rute perjalanan.

Selain itu, seperti kota besar lain di Indonesia, Anda juga dapat menggunakan transportasi dari aplikasi online. Namun, jika ingin lebih leluasa, Anda bisa membawa kendaraan sendiri, sehingga cukup membeli bahan bakar.

Biaya transportasi di Bandung berkisar Rp250.000 – Rp350.000 per bulan.


Total Perkiraan Biaya Hidup di Bandung per Bulan

Selain biaya akomodasi atau indekos, makanan, dan transportasi, tentu mahasiswa memerlukan kebutuhan lainnya seperti keperluan hiburan, kenyamanan, komunikasi, dan lain-lain.

Sehingga, jika dikalkulasikan secara keseluruhan maka total perkiraan biaya yang diperlukan untuk hidup di Bandung adalah sekitar Rp2.500.000 – Rp3.850.000 per bulan.

Kendati demikian, di manapun tempat tinggal, biaya hidup sangat bergantung dengan gaya hidup dan kebutuhan masing-masing orang, tak terkecuali di Bandung.


Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight