BI Sediakan Uang Tunai Rp195 T Selama Ramadan & Idulfitri 2023

Sumber: Antara, tirto.id - 20 Mar 2023 11:33 WIB
Dibaca Normal 1 menit
BI menyiapkan uang tunai Rp195 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2023.
tirto.id - Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai Rp195 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri 2023. Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim menuturkan, perbankan juga berkomitmen untuk membuka titik layanan di 5.066 kantor di seluruh Indonesia atau naik 8 persen dari tahun sebelumnya.

"Berdasarkan rencana penarikan perbankan secara nasional, tahun ini Bank Indonesia menyiapkan uang tunai untuk Ramadhan dan Idul Fitri sebesar Rp195 triliun atau naik 8,22 persen dibandingkan tahun lalu,” kata Marlison dalam Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idulfitri 2023, dikutip dari Antara, Senin, (20/3/2023).

Dia juga menuturkan pihaknya sudah mulai mengimplementasikan secara nasional layanan BI secara wholesales melalui perbankan, dalam hal ini dengan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

“Uji coba sudah dilakukan beberapa kali, dan hari ini kami mulai lakukan implementasi secara resmi,” katanya pula.

Tidak hanya itu, BI juga akan melakukan kas keliling secara terpadu baik di Jakarta maupun di beberapa daerah lainnya. Khusus di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi, sebanyak 55 perbankan akan melaksanakan kegiatan kas keliling di 599 titik secara terpadu dan bersama-sama.

Kemudian, BI juga akan melaksanakan kegiatan Kas Keliling di titik-titik yang tidak dilayani oleh perbankan, seperti di terminal, pasar, dan rest area. Lalu, BI Peduli Mudik di beberapa jalur penyeberangan, dan BI Kas Keliling Susur Sungai di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan.

Berbagai layanan di kegiatan yang dilaksanakan BI dapat didapatkan melalui aplikasi pintar, tapi BI juga akan melayani masyarakat yang datang secara langsung.

“Ini mudah-mudahan memberi inspirasi kepada bank, sehingga tahun ini dan tahun depan, perbankan bisa mengikuti secara bersama-sama kegiatan Susur Sungai karena banyak masyarakat yang membutuhkan layanan penukaran uang,” pungkasnya.



Baca juga artikel terkait STOK UANG TUNAI atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Ekonomi)

Sumber: Antara
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight