Benda Mirip Bom di Gerbang Tol Sidoarjo Dipastikan Bukan Peledak

Oleh: Addi M Idhom - 18 Mei 2018
Penemuan benda ini sempat membuat gerbang tol Sidoarjo ditutup sementara.
tirto.id - Sebuah benda diduga bom diletakkan oleh orang tak dikenal di Gerbang 7 Tol Sidoarjo. Benda itu ditemukan pada sekitar pukul 11.30 WIB, Jumat (18/5/2018).

Penemuan benda ini sempat membuat gerbang tol Sidoarjo ditutup sementara. Setelah penemuan itu, Jibom Polda Jatim mengamankan benda tersebut.

Benda tersebut terlihat menyerupai bom karena tampak ada lilitan kabel dan gabungan baterai. Setelah Jibom Polda Jatim mengamankan benda itu, gerbang tol Sidoarjo kembali dibuka pada sekitar pukul 14.15 WIB.

Kabid Humas Polda Jatim Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menyatakan bahwa benda tersebut bukan bom aktif.

"Itu bukan bom," kata Barung saat dihubungi Tirto usai Jibom Polda Jatim mengamankan benda tersebut.

Setelah peristiwa bom bunuh diri yang terjadi di tiga lokasi gereja di Surabaya, pihak kepolisian meningkatkan kewaspadaan untuk memperketat penjagaan.

Aksi teror tersebut menyasar tiga gereja: Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, GKI Diponegoro, dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) Jemaat Sawahan.

Dari data terakhir yang dikumpulkan Humas Polda Jawa Timur, setidaknya sudah tercatat 28 orang meninggal baik dari pelaku maupun korban, dan puluhan orang luka-luka.

Selain itu, polisi juga meminta partisipasi masyarakat apabila melihat sesuatu yang mencurigakan segera melapor ke pihak berwajib.




Baca juga artikel terkait TERORISME atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Maya Saputri