Periksa Fakta

Benarkah Wong Fei Hung Seorang Ulama & Pendekar Muslim Cina?

Oleh: Scholastica Gerintya - 7 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Benarkah nama asli Wong Fei Hung adalah Faisal Hussein Wong?
tirto.id - Wong Fei Hung adalah ahli seni bela diri Kanton dari Cina bagian Selatan. Lahir pada tahun 1847 di Guangdong, hidup di masa pergolakan dinasti terakhir kekaisaran Tiongkok, dan meninggal pada tahun 1924 silam. Dia juga dikenal sebagai ahli pengobatan Tiongkok.

Legenda Wong Fei Hung dituturkan melalui berbagai film dan tayangan televisi. Bahkan, ia punya theme song tersendiri yang dikenal sebagai General’s Ode.

Pada 10 Desember 2017, kisah hidupnya bertambah. Situs Congkop.xyz menayangkan artikel bertajuk: Ternyata Wong Fei Hung Adalah Pendekar Muslim China. Naskah itu sudah disebarkan sebanyak 73,9 ribu kali melalui media sosial.

"Identitas mengenai kemusliman Wong memang telah sengaja dibelokkan oleh pihak tertentu. Hal ini dilakukan adalah dengan tujuan untuk kepentingan politik komunis China kala itu," penggalan kalimat dalam naskah itu.

Ada beragam klaim yang disemburkan Congkop.xyz. Di antaranya ialah, nama asli Wong Fei Hung adalah Faisal Hussein Wong. Pendapat mereka merujuk kepada, nama tengah "Fei" berasal dari dialek Kanton untuk menyebut nama Arab, Fais.

"Sementara nama Hung juga merupakan dialek Kanton untuk menyebut nama Arab, Hussein. Jadi, bila diartikan dalam bahasa Arab, namanya adalah Faisal Hussein Wong," lanjutnya.

Klaim lainnya, Wong Fei Hung adalah seorang ulama.

Benerkah demikian?



Fakta

Artikel serupa juga ditemukan telah tayang sembilan tahun lalu. Salah satunya, ditulis Dulpatah di Wattpad dengan judul: Ternyata Wong Fei Hung Adalah Tabib Muslim yang Jago Kungfu. Telah dibaca sebanyak 1,2 ribu kali.

Jejak lainnya terekam di Facebook. Isinya tak jauh beda. Diunggah pada tahun 2011, melalui Fanpage Blog Teh Secawan. Judulnya: Wong Fei Hung Ternyata Ulama dan Pendekar Sekaligus Tabib. Sekitar setahun setelahnya, diunggah ulang oleh akun Facebook Prabhita Biyonic.

Dengan kata lain, artikel itu beredar secara berantai. Pada tahun 2017, Congkop.xyz melakukannya dengan pola menyadur dari kumpulanmisteri.com, situs yang telah diblokir pemerintah.

Di sisi lain, pada tahun 2013, Yahoo Newsroom melansir artikel berjudul: Five reasons why the blog post about Wong Fei Hung being Muslim is a bit iffy. Isinya meragukan klaim sensasional penyebutan nama Fais menjadi Fei. Sebab aturan sistem Bahasa Mandarin tak memungkinkan hal itu terjadi.

Lalu mengenai klaim perlawanan keluarga Wong Fei Hung di masa pemerintahan Dinasti Chin terlalu dipaksakan. Sebab ia lahir pada tahun 1847, masa Dinasti Qing. Sedangkan masa pemerintahan Dinasti Ch’in atau Dinasti Qin adalah 221-206 sebelum masehi. Keluarga Wong Fei Hung tentu tak berumur sepanjang itu.

Sepanjang penelusuran yang dilakukan, tak ditemukan dokumen resmi, riset, atau biografi yang menyatakan Wong Fei Hung seorang Muslim. Bisa disimpulkan bahwa informasi ini keliru.


Diskriminasi Terhadap Umat Muslim di Cina

Kenapa klaim seperti itu muncul? Potensi terbesarnya karena adanya diskriminasi terhadap umat Muslim di Cina. Perkembangan Islam di Cina berlumur diskriminasi. Misalnya larangan berpuasa terhadap Muslim Xinjiang yang notabene memiliki populasi muslim terbesar di Cina.

Selain itu laporan Amnesty International dan Human Rights Watch mencatat, terdapat pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Uighur. Mereka dipaksa bersumpah setia kepada Presiden Xi Jinping, ditahan tanpa batas waktu yang jelas, diperlakukan layaknya sumber penyakit, serta dipaksa menyerukan slogan-slogan Partai Komunis.

Selain itu, pemerintah Cina juga mengawasi gerak-gerik masyarakat Uighur secara ketat melalui pemantauan kartu identitas, pos pemeriksaan, identifikasi wajah, serta pengumpulan DNA. Uighur ditekan pemerintah karena mereka berasal dari ras yang berbeda, tak menyatu dalam lapisan masyarakat Cina, dan ingin memisahkan diri dari Cina.

Kemunculan ulang klaim Wong Fei Hung sebagai seorang Muslim, dipicu oleh berita-berita diskriminasi tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan paparan di atas, Tirto menyimpulkan bahwa klaim Wong Fei Hung sebagai seorang Muslim adalah informasi yang keliru. Tak ada dokumen resmi yang bisa menguatkan klaim tersebut.


Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Scholastica Gerintya
(tirto.id - Humaniora)

Penulis: Scholastica Gerintya
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight