Periksa Fakta

Periksa Fakta: Metallica Tak Memainkan Lagu "Indonesia Raya"

Header Periksa Fakta. tirto.id/Quita
Oleh: Frendy Kurniawan - 19 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Personel band Metallica tak memainkan lagu "Indonesia Raya", melainkan “The Star-Spangled Banner”.
tirto.id - Bersamaan momen peringatan HUT RI ke-74 (17 Agustus 2019) percakapan media sosial ramai dengan sebuah video band heavy metal asal Amerika Serikat, Metallica.

James Hetfield dan Kirk Hammett, personel Metallica, muncul dalam video itu seakan sedang memainkan instrumen lagu kebangsaan "Indonesia Raya". Lokasi mereka main musik itu disebut-sebut berada di stadion Baseball Yankee, New York City.

Yang percaya dengan video itu membagikannya di Facebook. Salah satunya adalah pengguna bernama Tito Gastu ini (arsip). Unggahan Tito Gastu itu setidaknya telah dibagikan ulang oleh 14 ribu pengguna lainnya.



Benarkah band heavy metal asal Amerika Serikat memainkan instrumen lagu kebangsaan Indonesia Raya?

Fakta

Konteks informasi video yang dibagikan Tito Gastu itu ternyata keliru. Kami mendapati konteks peristiwa atas video yang beredar yang lain dengan klaim dalam unggahan di atas.

Dalam unggahan di akun The Official Metallica YouTube Channel yang diunggah pada 26 April 2019, James Hetfield dan Kirk Hammett memang sedang memainkan lagu dengan gitar mereka. Namun, lagu yang mereka mainkan bukan lagu "Indonesia Raya". Mereka sedang memainkan “The Star-Spangled Banner”, lagu kebangsaan Amerika Serikat.

Acara itu terjadi pada 26 April 2019 dan dipersembahkan untuk San Francisco Giants, klub baseball profesional ternama di kota San Fransisko, Amerika Serikat. Sebagai pembanding, media musik ternama, Rolling Stone, juga memberitakan hal serupa.

“In what has become an annual tradition for the San Francisco Giants, Metallica performed a rendition of “The Star-Spangled Banner” at Oracle Park to mark the baseball team’s seventh annual Metallica Day," tulis Rolling Stone.

Band Metallica sendiri memang pernah manggung di Indonesia. Setelah pernah pentas pada 1993 di Lebak Bulus, mereka kembali lagi pada 25 Agustus 2013. Pentas kedua dilakukan di lapangan sepakbola Gedung Olahraga Bung Karno (GBK), Jakarta.

Lagu "Indonesia Raya" memang berkumandang dalam konser Metallica di GBK, tapi bukan dinyanyikan oleh para personelnya. Raisa bersama band Seringai yang memainkan dan menyanyikannya. Raisa sempat mengungkapnya dalam cuitan di akun Twitter-nya. Sebuah akun YouTube dari pengguna bernama Fajar Nugraha turut mengabadikan momen itu.

Kesimpulan

Melalui pemeriksaan fakta ini, dapat disimpulkan bahwa video pendek yang membingkai bahwa band heavy metal asal Amerika Serikat, Metallica, memainkan instrumen lagu kebangsaan "Indonesia Raya" adalah informasi yang berkonteks keliru.

Kami menemukan video aslinya, di mana James Hetfield dan Kirk Hammett sedang memainkan “The Star-Spangled Banner”, national anthem Amerika Serikat, dalam sebuah acara di Amerika Serikat, pada 26 April 2019.

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Frendy Kurniawan
(tirto.id - Musik)

Penulis: Frendy Kurniawan
Editor: Maulida Sri Handayani
DarkLight