Periksa Fakta

Benarkah Ronaldo Melempar Mikrofon Jurnalis Israel?

Penulis: Fina Nailur Rohmah, tirto.id - 13 Des 2023 14:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Dilansir dari pemberitaan The Guardian pada 22 Juni 2016, video aslinya menunjukkan momen jurnalis CMTV (saluran televisi Portugal), bukan jurnalis Israel.
tirto.id - Narasi tentang selebriti yang menunjukkan dukungan terhadap Israel maupun Palestina berseliweran di jagat maya pasca perang Israel-Hamas memanas pada 7 Oktober 2023. Paling anyar, pesebak bola Cristiano Ronaldo disebut membuang mikrofon jurnalis Israel.


Akun TikTok “inspirasi_hidupkita” menyebarklam klaim dalam bentuk video singkat berdurasi 11 detik berjudul “Momen Ronaldo Membuang Mik Wartawan Israel”.


Video mempertontokan seorang reporter tengah berusaha mewawancarai Ronaldo. Namun, pemain sepak bola Portugal itu malah meraih mikrofon dan melemparnya. Di dalam klip terlihat emoji bendera Israel disertai kata umpatan yang ditujukan ke Israel.

Video juga menunjukkan sederet gambar Ronaldo dengan berbagai ekspresi solidaritas terhadap warga Palestina, salah satunya foto dirinya memegang poster bertuliskan “TODOS con Palestine” atau dalam bahasa Indonesia berarti “semua dengan Palestina”.


Foto Periksa Fakta Ronaldo Membuang Mic
Foto Periksa Fakta Ronaldo Membuang Mic. foto/Hotline periksa fakta tirto


Sampai Rabu (13/12/2023), video yang diunggah pada Minggu (10/12/2023) ini sudah memperoleh 14.800 likes, 118 komentar, dan dibagikan kembali (share) ke 351 orang. Unggahan serupa juga ditemukan di akun TikTok lain, seperti bisa dilihat di sini dan di sini.


Lantas benarkah video tersebut?

Penelusuran Fakta

Usai menyimak video hingga tuntas, Tim Riset Tirto melakukan penelusuran Google dengan kata kunci “Ronaldo*throwing mic”. Hasil pencarian itu membawa kami ke lansiran The Guardian yang memuat video serupa berjudul “Cristiano Ronaldo throws television reporter’s microphone into lake”.

Laporan yang tayang 22 Juni 2016 itu menyatakan reporter yang berusaha mewawancarai Ronaldo merupakan jurnalis CMTV, saluran televisi Portugal.

Ronaldo disebut mengalami tekanan media yang meningkat setelah kegagalan penaltinya saat melawan Austria dan kemarahannya terhadap ”mentalitas kecil” Islandia. Ronaldo akhirnya menunjukkan rasa frutasi dengan melempar mikrofon ke danau setelah ditanya reporter CMTV apakah dia siap untuk pertandingan melawan Hongaria.

Selain dimuat di The Guardian, video utuhnya juga diunggah di kanal YouTube BeanymanSports.


Tirto
lalu menelusuri foto Ronaldo membawa poster bertuliskan “TODOS con Palestine”. Lewat bantuan Google Image, kami menemukan gambar aslinya tertulis “TODOS con Lorca”.

Seperti dilaporkan France 24, foto itu merupakan bagian dari kampanye yang dilakukan pemain Real Madrid untuk mendukung para penyintas gempa bumi di Lorca, Spanyol, yang menelan 9 korban jiwa. Dalam spanduk aslinya bergambar pita merah putih, bukan bendera Palestina.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran fakta yang sudah dilakukan, video dengan klaim Cristiano Ronaldo membuang mikrofon wartawan Israel itu bersifat salah dan menyesatkan (false & misleading).

Menurut pemberitaan The Guardian pada 22 Juni 2016, video aslinya menunjukkan momen jurnalis CMTV (saluran televisi Portugal), bukan wartawan Israel.

Kala itu, Ronaldo disebut mengalami tekanan media yang meningkat setelah kegagalan penaltinya melawan Austria dan kemarahannya terhadap ”mentalitas kecil” Islandia.

Ronaldo akhirnya menunjukkan rasa frutasi dengan melempar mikrofon ke danau setelah ditanya reporter CMTV apakah dia siap untuk pertandingan melawan Hongaria.

==
Bila pembaca memiliki saran, ide, tanggapan, maupun bantahan terhadap klaim Periksa Fakta dan Periksa Data, pembaca dapat mengirimkannya ke email factcheck@tirto.id

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Fina Nailur Rohmah
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fina Nailur Rohmah
Editor: Shanies Tri Pinasthi

DarkLight