BAP Ratna Sarumpaet Dikirim ke Jaksa Usai Pemeriksaan Rocky Tuntas

Oleh: Adi Briantika - 5 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Polisi berencana mengirim BAP Ratna Sarumpaet setelah proses pemeriksaan terhadap Rocky Gerung dinyatakan tuntas.
tirto.id - Polda Metro Jaya berencana mengirim Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta setelah proses pemeriksaan terhadap Rocky Gerung dinyatakan tuntas oleh penyidik.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan keputusan soal pelimpahan BAP kasus penyebaran berita bohong itu ke kejaksaan masih menunggu kesimpulan penyidik terhadap hasil pemeriksaan Rocky, Selasa kemarin.

“Kami komunikasikan dan [BAP] akan dikirimkan kembali ke kejaksaan, seandainya penyidik menyatakan berkas sudah lengkap. Kami menunggu apakah pemeriksaan Rocky sudah dinyatakan selesai atau belum,” kata Argo di kantornya, Jakarta pada Rabu (5/12/2018).

Dengan demikian, jika penyidik menilai Rocky masih perlu diperiksa lagi maka pelimpahan BAP Ratna Sarumpaet ke kejaksaan akan menunggu hasil pemeriksaan itu terlebih dahulu.


Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya telah memeriksa Rocky Gerung sebagai saksi di kasus dugaan penyebaran berita bohong dengan tersangka Ratna Sarumpaet, pada Selasa kemarin.

Tujuan pemeriksaan Rocky untuk mengklarifikasi pengakuan Ratna bahwa ia mengirim foto wajah lebamnya kepada akademikus itu. Polisi juga hendak memastikan apakah Rocky turut menyebarkan foto wajah lebam Ratna atau tidak.

Polda Metro Jaya sebenarnya sudah melakukan pelimpahan tahap pertama BAP Ratna ke Kejati DKI pada 8 November lalu. Namun, kejaksaan mengembalikan BAP tersebut dengan alasan belum melengkapi syarat formil dan materiil.

Saat berbicara kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan pada Selasa kemarin (4/12/2018), Rocky mengaku harus menjawab 10 pertanyaan dari penyidik, terutama soal proses ia menerima kiriman foto wajah lebam Ratna. Ia mengaku menerima foto wajah lebam Ratna ketika baru tiba di Jakarta setelah bepergian ke Rusia.

“Saya menerima foto itu jelas dari Ratna Sarumpaet, tapi saya menerima tanggal 1 Oktober [2018], setelah mendarat [di Jakarta],” kata dia di Polda Metro Jaya, pada Selasa kemarin.

Rocky mengklaim berada di Gunung Elbrus, Rusia, pada 20 September hingga 1 Oktober 2018. Menurut Rocky, meski foto Ratna dikirimkan kepadanya sebelum 1 Oktober, ia tidak membuka aplikasi WhatsApp miliknya selama berada di Rusia. Sebab, di negara ini, ia menukar kartu sim miliknya dengan kartu sim Rusia untuk menghemat pulsa.

Saat menerima foto itu, Rocky mengaku tidak tahu soal penyebab sebenarnya wajah Ratna menjadi lebam. Ia mengatakan baru mengetahui sebab pastinya usai Ratna menggelar jumpa pers dan mengaku telah berbohong. Ratna semula mengaku wajahnya lebam karena dianiaya sejumlah orang. Namun, dia kemudian mengakui wajahnya lebam setelah menjalani operasi plastik.


Baca juga artikel terkait KASUS RATNA SARUMPAET atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Addi M Idhom
Dari Sejawat
Infografik Instagram