Bank Mandiri Polisikan Situs Berita Karena Sebarkan Artikel Hoaks

Oleh: Alfian Putra Abdi - 15 Agustus 2019
Bank Mandiri melaporkan situs media online FNN.co.id ke Polda Metro Jaya. Pelaporan itu dilakukan karena situs FNN menyiarkan berita bahwa Bank Mandiri merugi Rp9 triliun akibat serangan siber.
tirto.id - Bank Mandiri melaporkan sebuah situs media online bernama FNN.co.id ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan menyebarkan berita hoaks.

Situs tersebut memuat artikel yang menyebut bank plat merah itu mengalami kerugian Rp9 triliun karena adanya serangan siber. Hingga hari ini, berita itu masih ditayangkan di situs FNN.

"Kemudian dari dampaknya adalah bank mandiri akan bangkrut dan diambil oleh Cina. Itu berita garis besarnya seperti itu," ujar Senior Vice President Bank Mandiri, Rohan Hafas di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (15/8/2019).

Rohan mengaku mendapati pemuatan artikel itu di situs FNN pada Selasa, 13 Agustus 2019. Setelah itu, sehari kemudian, Bank Mandiri memutuskan untuk melaporkan pemuatan artikel itu ke polisi.

Menurut Rohan, akibat pemberitaan situs FNN tersebut, sejumlah nasabah Bank Mandiri khawatir dan menanyakan kebenaran info itu.

"Bank mandiri bank terbesar dan di bawah pengawasan OJK, tentunya OJK juga akan concern. Jadi [berita FNN] itu 100 persen hoaks," ujar dia.

Rohan mengatakan pemberitaan situs FNN merugikan Bank Mandiri, dari segi kredibilitasnya sebagai bank nasional.

"Kepercayaan masyarakat paling penting dari industri perbankan. Karena dengan kepercayaan itulah orang nabung di sebuah bank," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono menyebut instansinya sudah menerima laporan itu. Penyidik juga sudah memeriksa saksi dari Bank Mandiri pada hari ini

"Sudah kami terima laporannya dan kami lakukan penyelidikan. Nanti kami klarifikasi terlapor seperti apa dan saksi-saksi yang lain dan barbuknya seperti apa," kata Argo.


Baca juga artikel terkait BERITA HOAKS atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight