Banjir Jakarta Hari Ini: Daftar Titik Banjir & Arus Lalin Dialihkan

Oleh: Maya Saputri - 19 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah wilayah di DKI Jakarta terendam banjir hari ini, Polda Metro Jaya melakukan pengalihan arus lalu lintas, Jumat (19/2/2021).
tirto.id - Polda Metro Jaya melakukan pengalihan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan akibat sejumlah wilayah di DKI Jakarta terendam banjir, Jumat (19/2/2021).

Dilansir dari akun Instagram resmi @TMC Polda Metro Jaya, ruas jalan yang dialihkan, yakni di Kolong Tol Cawang (arah Tanjung Priok) pukul 05.54 WIB, ketinggian genangan antara 60 hingga 70 sentimeter (cm), kendaraan dialihkan ke Tol Semanggi.

Pukul 06.39 WIB Jalan Suprato, Kampung Makasar, Jakarta Timur dialihkan sementara karena genangan setinggi 50 hingga 60 cm.

Genangan setinggi 50 cm juga terjadi di depan Pasar Jagal Buncit Jalan Kemang Utara 9, Jakarta Selatan pukul 06.42 WIB, lalu lintas sementara dialihkan.

Selanjutnya genangan setinggi 40-50 cm terdapat di depan Kemenhan Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur terjadi pukul 07.08 WIB, bagi kendaraan sejenis sedan diimbau agar tidak melintas.

Genangan setinggi 30 cm terpantau pukul 07.12 WIB di Jalan Kalimalang, Jakarta Timur sebelum Kampus Borobudur arah DI Panjaitan, kendaraan diimbau agar hati-hati saat melintas.

Pukul 07.22 WIB, genangan setinggi 30-50 cm terjadi di depan C'one Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat (arah Senen), sementara lalu lintas dialihkan ke jalur cepat.

Sedangkan banjir setinggi 100 cm terjadi di terowongan Exit Tol Kalimalang, lalu lintas sementara tidak bisa dilintasi kendaraan sejenis roda dua.

Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur juga mengalihkan lalu lintas di sekitar Cawang karena sejumlah jalan umum terendam banjir, Jumat pagi.

"Pengaturan lalu lintas lokasinya di Cawang Wika untuk kendaraan yang mengarah ke Kramat Jati," kata Kasi Operasional Sudin Perhubungan Jaktim, Riky Erwinda, di Jakarta.

Pengendara yang datang dari arah utara menuju selatan dialihkan petugas tepatnya di simpang Jalan Kalimalang, Makasar, Jakarta Timur.

Kegiatan pengalihan arus kendaraan melibatkan sejumlah petugas berseragam Dishub maupun polisi lalu lintas sebab sejumlah badan jalan mulai tergenang air hujan, khususnya kendaraan dari arah Cawang menuju Kebon Nanas.

Bahkan terowongan di Jalan DI Panjaitan, Cawang sudah tidak bisa dilalui kendaraan akibat banjir setinggi 20-40 sentimeter.

Sejumlah kendaraan jenis truk ekspedisi mengalami mati mesin setelah berusaha menerobos genangan air. Sebagian pengendara lainnya memilih melawan arah demi menghindari lokasi banjir.

Terowongan yang mengarah ke Cililitan dari Kebon Nanas juga dilaporkan banjir. Riky menambahkan gangguan lalu lintas akibat banjir, setelah curah hujan yang tinggi sejak dini hari.


Sejak Kamis (18/2) wilayah DKI Jakarta telah diguyur hujan merata terjadi di semua wilayah. Hingga Jumat pagi hujan masih mengguyur Ibu Kota.


Baca juga artikel terkait BANJIR JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Penulis: Maya Saputri
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight