Hujan berintesitas tinggi yang mengguyur Jakarta pada Sabtu dini hari menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir. Polda Metro Jaya menyebutkan terjadi gangguan arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota akibat banjir tersebut.

Hampir seluruh wilayah di Jakarta terdampak banjir. Perkembangan terbaru banjir menyebabkan Jalan Raya Pondok Gede di Jakarta Timur tidak dapat dilewati kendaraan.

"Ada genangan air di Jl. Raya Pondok Gede Jaktim, untuk saat ini tidak bisa dilintasi kendaraan. Bagi pengendara diimbau agar mencari Jalur Alternatif," cuit akun twitter @TMCPoldaMetro, Sabtu (20/2/2021) pagi.

Di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Barat, kendaraan tak bisa melintas akibat aksesnya tertutup banjir.

Banjir menggenangi Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan setinggi 70 sentimeter dan Jalan Kapten Tendean. Kedua titik itu tidak dapat dilewati kendaraan.

Untuk di wilayah Jakarta Barat, banjir setinggi 70 sentimeter juga terjadi di Jalan Perjuangan Raya, Kebon Jeruk, menyebabkan kendaraan tak dapat melintas.

Sementara di Jakarta Pusat banjir setinggi 30 sentimeter yang menyebabkan terganggunya arus lalu lintas di depan RSAL Mintoharjo, Benhil.

Untuk wilayah di Jakarta Utara, banjir terjadi di Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading, namun kendaraan seperti mobil dan truk besar masih dapat melintas.

Tiga Pintu Air di Jakarta Siaga I

Tiga pintu air di DKI Jakarta berstatus siaga satu dilaporkan pada Sabtu pagi ini dan sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir. BPBD DKI Jakarta meminta warga waspada banjir mengingat hujan masih mengguyur sejumlah wilayah hingga Sabtu (20/2/2021) dini hari.

Berdasarkan laporan dari akun Twitter resmi BPBD DKI Jakarta, @BPBDJakarta, yang diakses Sabtu pukul 06.00 WIB, tiga pintu air yang mengalami kenaikan status yakni pintu air (PA) Karet untuk aliran Banjir Kanal barat dengan ketinggian 640 cm.

Kemudian, pintu air Angke Hulu dengan ketinggian 350 cm.

Yang ketiga, Peil Schaal (PS) atau pos pantau Sunter Hulu untuk aliran kali Sunter mengalami kenaikan status menjadi siaga satu dengan ketinggian air mencapai 300 cm.


Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Jakarta diguyur hujan disertai petir dan angin kencang sepanjang Sabtu (20/2/2021) ini.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada pagi dan malam hari," demikian peringatan yang dilansir dari laman BMKG.go.id, Sabtu.