Balas Joe Biden, Wagub: Tak Berarti Jakarta 10 Tahun Lagi Tenggelam

Oleh: Riyan Setiawan - 31 Juli 2021
Wagub DKI Riza Patria mengakui Jakarta alami penurunan muka tanah setiap tahun namun bukan berarti Jakarta akan tenggelam 10 tahun mendatang.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Riza Patria merespons pernyataan Presiden Amerika Serikat yang menyebutkan Jakarta akan tenggelam 10 tahun lagi karena perubahan iklim dan berakibat naiknya permukaan air laut.

Dengan naiknya permukaan air laut, Jakarta yang berada pada dataran rendah diprediksi akan tenggelam.

Menanggapi hal tersebut, Riza menyatakan meski DKI berada di dataran rendah, bukan berarti Jakarta tenggelam 10 tahun lagi karena perubahan iklim.

"Memang di Jakarta datarannya rendah, jadi di Jakarta ada penurunan muka tanah setiap tahun. Namun, tidak berarti 10 tahun Jakarta tenggelam," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Sabtu (31/7/2021).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap mengupayakan agar Jakarta tidak tenggelam, di antaranya melakukan penyedotan air tanah dan meningkatkan pipanisasi PAM Jaya agar kebutuhan air bersih dari PAM.

Pemprov DKI bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga terus membuat program percepatan pipanisasi, air bersih, dan terus meningkatkan air minum di Jakarta.

"Mudah-mudahan ini bisa mengurangi (Penurunan) muka air tanah di Jakarta. Saya kira tidak seperti yang disampaikan [Joe Biden] demikian, bahwa Jakarta akan tenggelam," pungkasnya.









Baca juga artikel terkait JAKARTA TENGGELAM atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight