Bagaimana Cara Pinjam Buku di iPusnas? Berikut Caranya

Oleh: Ega Krisnawati - 26 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Aplikasi iPusnas dibuat oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia agar semakin nyaman ketika membaca secara digital.
tirto.id - Aplikasi iPusnas adalah sebuah platform media sosial untuk mengakses e-Bookstore dan e-Pustaka. Aplikasi ini juga berguna untuk membangun jaringan atau komunitas sesama pembaca.

iPusnas dapat diakses di berbagai medium perangkat mulai dari desktop dan PC berbasis situs (web-based), mobile (smartphone-based application), netbook dan tab based hybrid (tab-base application).

Aplikasi ini dibuat oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Aplikasi iPusnas memiliki beberapa fitur yang membantu pembaca agar semakin nyaman ketika membaca secara digital.

1. Fitur koleksi buku

Ini merupakan fitur yang dapat mengantar pembaca menjelajahi ribuan judul e-book yang ada di iPusnas.

2. Fitur ePustaka

Ini termasuk fitur unggulan di iPusnas. Fitur ePustaka mampu memenuhi keinginan pembaca untuk bergabung menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital dengan beragam koleksi bukunya masing-masing.

Melalui fitur tersebut, pembaca juga dapat menjadikan perpustakaan serasa hanya dalam genggaman.

3. Fitur Rak Buku

Ini adalah rak buku virtual milik pembaca, yang mana menyimpan semua riwayat peminjaman buku. Sehingga, fitur tersebut dapat memudahkan pembaca untuk membaca buku yang telah dipinjam.

4. Fitur eReader

Fitur ini memampukan gawai (gadget) milik pembaca dapat membaca ebook dengan mudah, dan nyaman di dalam aplikasi iPusnas.

Cara Pinjam Buku di iPusnas



Berikut adalah cara pinjam buku di iPusnas:

1. Unduh aplikasi iPusnas di gawai Anda. Aplikasi ini dapat diunduh di Playstore ataupun di App Store.

2. Pilihlah salah satu fitur yang digunakan untuk mendaftarkan diri ke aplikasi iPusnas. Fitur-fitur tersebut adalah, connect with Facebook, dan connect with Email.

3. Lakukan registrasi.

4. Lakuka forgot password. Apabila kata kunci yang Anda miliki salah, maka lakukan perubahan kata kunci pada fitur forgot password.

5. Pilih fitur library. Library merupakan katalog buku serta berperan sebagai store dalam iPusnas. Fitur ini terdiri dari beberapa fitur seperti kategori, search book, recommended book.

6. Pilih buku yang akan dipinjam.

7. Selanjutnya, pilih "pinjam" untuk meminjam buku. Apabila buku sedang dipinjam pembaca lain maka, aplikasi iPerpusnas akan menampilkan keterangan "antrean".

8. Untuk mengembalikan buku, pergi ke fitur rak buku. Kemudian pilih tanda titik tiga pada buku yang dipinjam, lalu pilih "kembalikan".


Selain iPusnas yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, pemerintah juga menyediakan aplikasi kemudahan berdigital lainnya selama menjalani pembelajaran jarak jauh. Aplikasi itu adalah EPerpusdikbud.

EPerpusdikbud adalah aplikasi perpustakaan digital milik Kemendikbud RI yang bisa diakses para penggunanya secara gratis melalui gawai masing-masing, di mana pun dan kapan pun.

EPerpusdikbud memiliki 200 ribu koleksi dari berbagai kategori, yang meliputi buku-buku materi pelajaran, novel, koran, majalah, serta jurnal. Aplikasi ini pun juga dilengkapi dengan EReader untuk memberi kenyamanan dalam membaca ebook.


Baca juga artikel terkait PERPUSTAKAAN DIGITAL atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight