Aturan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 & Download Pedoman

Penulis: Balqis Fallahnda, tirto.id - 26 Sep 2023 10:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Aturan dan pedoman upacara Hari Kesaktian Pancasila yang akan diselenggarakan pada Minggu, 1 Oktober 2023, PDF dapat didownload di artikel ini.
tirto.id - Aturan dan pedoman upacara Hari Kesaktian Pancasila yang akan diselenggarakan pada Minggu, 1 Oktober 2023 dapat didownload melalui laman resmi Kemendikbud.

Berdasarkan surat no 31328/MPK.F/TU.02.03/2023 yang dikeluarkan Mendikbud, Upacara Peringatan Hari Kesakitan Pancasila 2023 akan mengusung tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Kegiatan Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila 2023 akan dilaksanakan oleh sejumlah pihak mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, instansi pusat dan daerah.

Penyelenggaraan upacara di tingkat pusat akan dilaksanakan pada Minggu, 1 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB hingga selesai di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 akan digelar di tingkat pusat, daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan satuan pendidikan diatur dalam pedoman upacara.

Kepala Daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), kantor/lembaga yang ada di daerah menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara luring penuh dari kantor masing-masing.

Selanjutnya, setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, satuan pendidikan serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2023 agar mengibarkan bendera setengah tiang.

Sementara itu, pada 1 Oktober 2023 masyarakat diharapkan dapat menyimak pidato Mendikbud melalui kanal YouTube Kemendikbud RI.



Download Pedoman Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023

Demi terselenggaranya Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023 yang ideal bagi masing-masing pihak yang akan melaksanakan upacara, Kemendikbudristek secara khusus merilis pedoman Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2023. Pedoman itu terdiri dari empat bagian besar yakni:
  1. Pedoman Penyelenggaraan di Tingkat Pusat
  2. Pedoman Penyelenggaraan di Kementerian, Lembaga Tinggi Negara, Kejaksaan Agung, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Bank Indonesia, Serta Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri
  3. Pedoman Penyelenggaraan di Tingkat Daerah
  4. Pedoman Penyelenggaraan di Satuan Pendidikan
Pedoman Upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila 2023 memuat tiga lampiran yaitu berupa teks Pancasila, teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan teks ikrar yang ditandatangani atas nama bangsa Indonesia oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Aturan dan pedoman Upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila 2023 dapat didownload dalam bentuk file PDF dengan cara mengklik link di berikut ini:

Link download PDF aturan Upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila 2023

Link download PDF pedoman Upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila 2023



Baca juga artikel terkait HARI KESAKTIAN PANCASILA atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight