Apakah TikTok Shop Akan Dihapus di Indonesia & Apa Penyebabnya?

Kontributor: Erika Erilia, tirto.id - 15 Sep 2023 11:14 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Benarkah TikTok Shop akan dilarang di Indonesia, lalu apa alasannya dan penjelasan lengkapnya.
tirto.id - Pemerintah mulai melayangkan wacana untuk melarang TikTok Shop beroperasi di Indonesia.

Rencana ini pun menuai pro dan kontra, tak sedikit yang mendukung rencana ini. Namun, banyak juga yang resah karena dianggap mematikan usaha. Lantas, apa alasan pemerintah menolak TikTok Shop di Indonesia?


TikTok sendiri merupakan platform media sosial asal China yang sangat populer di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia. Media sosial ini pun memiliki fitur belanja online yang disebut dengan TikTok Shop.

Layaknya e-commerce pada umumnya, TikTok Shop kini jadi pilihan banyak orang untuk melakukan transaksi jual beli. Tak hanya penjual yang diuntungkan, tapi juga para pembeli.

Kebanyakan mengaku senang belanja di TikTok Shop karena harga yang relatif lebih murah, punya banyak diskon, serta menghadirkan banyak promo lain seperti
voucher.

Alasan TikTok Shop Akan Dihapus di Indonesia


TikTok hadir dengan dua bisnis yang berbeda, yaitu sebagai media sosial sekaligus tempat belanja online atau e-commerce. Keberadaan TikTok Shop sebagai social commerce inilah yang kemudian menjadi masalah.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menilai bahwa TikTok bisa melakukan monopoli sehingga seharusnya tidak boleh menjalankan bisnis media sosial dan e-commerce sekaligus.

Menurutnya, Indonesia harus bisa mencontoh Amerika Serikat dan India yang sudah tegas melarang TikTok menjalankan dua bisnis ini secara bersamaan.


Hal serupa juga diungkap oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan yang mengatakan bahwa keberadaan social commerce seperti TikTok Shop bisa mematikan UMKM. Zulkifli pun mengaku sering mendapat keluhan dari pihak UMKM karena sulit bersaing dengan barang impor yang harganya jauh lebih murah.

Produk impor dengan harga yang tak masuk akal memang sering beredar di TikTok Shop. Persaingan harga yang tidak sehat inilah yang dikeluhkan oleh para pelaku UMKM di tanah air.

Social commerce seperti TikTok Shop juga diketahui memiliki data preferensi dari pengguna media sosialnya, termasuk data soal produk apa yang sedang tren di masyarakat. Data ini kemudian digunakan untuk mengarahkan konsumen ke produk-produk yang ada di social commerce, termasuk produk impor.

Hal ini berbeda dengan e-commerce biasa yang tidak memiliki data seperti itu. Karena tidak memiliki media sosial seperti TikTok Shop, data yang dimiliki oleh e-commerce biasanya hanya berdasarkan pencarian atau riwayat transaksi.

Hal inilah yang dianggap membuat persaingan dagang di dunia digital jadi tidak sehat sehingga pemerintah merasa perlu membuat aturan khusus mengenai social commerce.

Berdasarkan alasan untuk melindungi UMKM serta menjaga persaingan dagang yang sehat, pemerintah pun berencana untuk melarang TikTok Shop beroperasi di Indonesia. Meski demikian, ada kemungkinan TikTok Shop tidak benar-benar hilang karena bisa jadi hanya platformnya yang akan dipisah dari media sosial TikTok.


Baca juga artikel terkait PENYEBAB TIKTOK SHOP DILARANG atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight