Apa Manfaat Jamur Cordyceps Bagi Kesehatan?

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 25 Jan 2023 11:43 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal jamur Cordyceps yang muncul di serial The Last of Us dan apa manfaatnya bagi kesehatan?
tirto.id - Jamur Cordyceps baru-baru nii banyak diperbincangkan oleh warganet, lantaran disebut bisa mengubah manusia menjadi zombie. Namun, itu hanyalah bagian dari cerita serial The Last of Us yang sedang tayang di HBO.

Dalam serial itu, kemunculan jamur Cordyceps mengakibatkan manusia berubah menjadi zombie. Jamur ini mengambil alih pikiran dan tubuh manusia dan membuat mereka ingin menyebarkan jamur ini kepada orang yang tidak terinfeksi. Lalu, apakah keberadaan jamur Cordyceps ini nyata?

Mengenal Jamur Cordyceps


Jamur Cordyceps adalah tumbuhan dalam kehidupan nyata, artinya jamur ini memang benar-benar ada. Mengutip situs WebMD, Cordyceps adalah genus jamur parasit yang tumbuh pada larva serangga.

Cordyceps merupakan genus dari fungi ascomycete (jamur kantung) yang mencakup sekitar 600 spesies.

Sebagian besar spesies Cordyceps adalah endoparasitoid, parasit terutama pada serangga dan artropoda lainnya.

Ketika jamur ini menyerang inangnya, mereka mengganti jaringannya dan menumbuhkan batang panjang dan ramping yang tumbuh di luar tubuh inang.

Jamur ini telah lama digunakan sebagai obat tradisional Cina untuk berbagai keperluan terapi kesehatan. Cordyceps alami sulit didapat dan mungkin mahal.

Apa Manfaat Jamur Cordyceps Bagi Kesehatan?

Jamur Cordyceps
Jamur Cordyceps. foto/Istockphoto


Cordyceps tidak akan mengubah manusia menjadi zombie, seperti dalam serial The Last of Us. Sebaliknya, jamur ini memiliki sejumlah potensi manfaat yang baik bagi kesehatan.

Menurut Guru Besar Fakultas MIPA dan Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya Prof. Widodo, jamur Cordyceps memiliki struktur yang bersifat antivirus dan dapat menghambat replikasi virus corona secara langsung.

"Sudah lama dipakai masyarakat khususnya di Tibet, Tiongkok, Korea karena keunggulannya memiliki beberapa senyawa aktif yang bekerja sistemik, ada yang antiviral berdasarkan studi metadata, strukturnya memiliki kesamaan dengan senyawa antivirus," kata Widodo seperti dilansir Antara.

Sementara itu, diilansir dari WebMD, Cordyceps bisa meningkatkan kekebalan dengan merangsang sel dan bahan kimia tertentu dalam sistem kekebalan tubuh.

Jamur ini juga membantu melawan sel kanker dan mengecilkan ukuran tumor, terutama kanker paru-paru atau kulit.

Cordyceps paling sering digunakan orang untuk kinerja atletik, gangguan ginjal, masalah hati, dan masalah seksual. Namun, belum ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaan ini.

Mengutip situs Healthline, berikut ini beberapa manfaat jamur Cordyceps.

1. Dapat meningkatkan kinerja latihan fisik

2. Sebagai anti-aging

3. Sebagai Anti-tumor yang potensial

4. Dapat membantu mengelola penyakit diabetes tipe 2

5. Bermanfaat bagi kesehatan jantung

6. Membantu melawan peradangan.

Laman Healthline menuliskan, banyak penelitian yang dilakukan terhadap jamur Cordyceps, tapi sebagian besar penelitian ini terbatas pada penelitian hewan atau laboratorium, sehingga ahli kesehatan saat ini tidak dapat menarik kesimpulan tentang pengaruhnya terhadap manusia. Namun, manfaat kesehatan potensial mereka cukup menjanjikan.



Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight