Anies: Kalau Bersepeda di Perkotaan Jangan Pakai Sepeda Gunung

Oleh: Haris Prabowo - 12 Oktober 2019
Anies meminta kepada pengguna sepeda agar menggunakan Google Maps dengan mode jalan kaki.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan tips bagi warga yang ingin bersepeda agar lebih fleksibel mengaspal di jalan raya Jakarta. Anies menganjurkan, warga pengguna sepeda agar menggunakan Google Maps dengan mode jalan kaki.

"Saya menganjurkan kalau mau naik sepeda dilihat dulu Google Maps, jangan pakai jalur mobil, nanti jadi jauh, yang di Google Maps-nya pilih yang pakai pejalan kaki, nanti anda akan lewat di jalur-jalur yang lebih mudah," katanya saat ditemui di kawasan terowongan Kendal, Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019) pagi.

Tak hanya itu, Anies juga menganjurkan masyarakat untuk menggunakan sepeda yang cocok dengan aspal perkotaan, bukan sepeda gunung. Sehingga dalam mengayuh kendaraan tersebut tak mengalami kesulitan.

"Bagi yang bersepeda saya menganjurkan sepedanya agar ramah perkotaan pilih sepeda yang sesuai dengan kondisi kota, bukan sepeda gunung. Jadi kita bersepeda di perkotaan," katanya.

Anies menuturkan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan fasilitas lainnya bagi pengguna sepeda. Nantinya, ada beberapa persimpangan yang bakal disiapkan untuk mempermudah mobilitas sepeda.

"Ada persimpangan-persimpangan yang kita harus lakukan rekayasa untuk memudahkan bagi pengendara sepeda, dan tidak merepotkan kendaraan bermotor, semuanya akan disesuaikan," katanya.


Baca juga artikel terkait SEPEDA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Widia Primastika
DarkLight