Anies Akan Membangun Parkiran Sepeda di Stasiun MRT dan Halte Bus

Oleh: Haris Prabowo - 12 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Gubernur DKI Jakarta berencana membuat tempat parkir sepeda di stasiun MRT.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya terus mendorong masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Ia berjanji akan membuat tempat parkir bagi sepeda di stasiun-stasiun MRT Jakarta.

"Sekarang stasiun-stasiun MRT di pintu masuk dan keluarnya akan disediakan parkir sepeda. Jadi teman-teman yang menggunakan kendaraan umum untuk bisa menggunakan sepeda," kata Anies saat ditemui di kawasan terowongan Kendal, Sudirman, Jakarta, Sabtu (12/10/2019) pagi.

Tak hanya itu, Anies mengatakan pihaknya juga akan menyediakan fasilitas parkiran sepeda di halte-halte bus. Ia berharap dengan fasilitas itu warga bisa menaruh sepeda dan berpindah ke transportasi umum.

"Nanti juga kita taruh di halte-halte sehingga kita bisa menggunakan sepeda untuk first mile [titik awal] dan last mile [titik akhir] dalam menggunakan kendaraan umum. Karena kendala kita itu dari rumah sampai halte, dan dari halte sampai tempat kerja. Dan kalau itu kita gunakan sepeda maka itu akan jauh lebih efisien," katanya.

Selain itu, Anies menargetkan segala fasilitas infrastruktur jalur sepeda di Jakarta terpenuhi pada akhir tahun 2019. Dengan begitu, kata Anies, semakin banyak lagi masyarakat yang beralih menggunakan moda transportasi yang tak mengeluarkan emisi gas buang.

"Akhir 2019 semua harus memiliki tempat parkir sepeda yang cukup. Strateginya ada dua dibangun ada yang menggunakan baru dimatangin. Sehingga nantinya stasiun-stasiun kereta api, MRT ada tempat yang cukup," katanya.

Direktur PT MRT Jakarta, William Sabandar, mengaku mereka telah menyiapkan tempat-tempat sepeda di stasiun MRT yang memiliki jalur layang.

"Jadi mulai dari Lebak Bulus kemudian Fatmawati kemudian Cipete tadi juga sudah ada di Haji Nawi sampai ke Blok M. Prosesnya memang sekarang ini sedang dilaksanakan, kalau hari ini yang keliatan di Lebak Bulus kemudian di Cipete, Haji Nawi," tutup William menambahkan.


Baca juga artikel terkait MRT JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Widia Primastika
DarkLight