Anies Harap Tanaman Lidah Mertua Bisa Kurangi Polusi Udara di DKI

Oleh: Haris Prabowo - 22 Juli 2019
Anies berharap program memasang tanaman lidah mertua di gedung-gedung perkantoran Jakarta bisa kurangi polusi.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tanaman lidah mertua bisa mengurangi polusi udara di Jakarta. Ia pun membenarkan wacana Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni, untuk memasang tanaman lidah mertua di gedung-gedung perkantoran di Jakarta.

"Ini sebetulnya teknis, nanti dijawab oleh Dinas Kehutanan, tapi secara substansi Pemprov DKI akan melakukan semua yang bisa dikerjakan dan dari informasi yang dilaporkan bahwa Dinas Kehutanan mendapatkan rekomendasi beberapa tanaman yang untuk ditanam yang diharapkan bisa ikut mengendalikan pencemaran udara," kata Anies saat ditemui di DPRD DKI, Senin (22/7/2019) siang.

Namun, Anies menekankan bahwa program penanaman lidah mertua itu bukan satu-satunya cara yang akan ditempuh oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mengurangi polusi udara.

"Apakah ini satu-satunya? tentu tidak. Jadi itu bagian dari usaha kami. Semua yang bisa kami kerjakan insyaallah kami kerjakan. Nama-nama tanaman dan lain-lain itu biar dinas kehutanan saja," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni mengatakan telah berkoordinasi dengan instansi dan kantor pemerintahan terkait rencana penempatan tanaman lidah mertua di atap-atap gedung perkantoran.

"Kemarin sudah ada proses lelang dan saat ini sedang masuk masa sanggah. Mudah-mudahan akhir Juli sudah bisa mulai pelaksanaan di lapangan. Kantor kami akan jadi proyek percontohan awal dan kami berharap kantor suku dinas dan wali kota juga menerapkan hal serupa," kata Darjamuni seperti dikutip Antara.


Baca juga artikel terkait POLUSI UDARA atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight