Anies Bakal Gandeng Ignasius Bangun Jalur Rel KA di Banjarmasin

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 5 Des 2023 15:36 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Anies Baswedan mengakui akan menggandeng mantan Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, untuk membangun jalur kereta api di wilayah Kalimantan Selatan.
tirto.id - Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan mengakui akan menggandeng mantan Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, untuk membangun jalur kereta api di wilayah Kalimantan Selatan. Hal itu disampaikan Anies di sela-sela kampanyenya di Banjarmasin.

"Nanti kalau kami membangun kereta api, maka orang pertama yang kaki undang adalah Pak Jonan," kata Anies.

Dia menuturkan Jonan sebagai sosok ahli yang profesional di industri kereta api. Oleh karenanya, Anies akan mempercayai Jonan walau dia tak masuk dalam tim kampanye Anies-Muhaimin.

"Jadi kalau bicara tentang kereta api, maka orang profesional yang kami ajak dan kami libatkan. Beliau (Jonan) memang non partisan, beliau tidak terlibat kampanye dan tidak terlibat dalam politik. Tetapi beliau profesional yang kami ajukan," kata Anies.

Dalam kampanyenya, Anies menyoroti seputar wilayah Kalimantan Selatan di Banjarmasin dan Banjarbaru mobilitas transportasinya yang padat. Dia juga menjelaskan seharusnya pemerintah menyediakan anggaran untuk pembangunan transportasi, bukan untuk meraih profil namun memudahkan masyarakat dalam beraktifitas.

"Kita berencana membangun jalur kereta api dari Banjar ke Banjarbaru yang harapannya, nanti kalau sudah dimulai tinggal dilanjutkan di tempat lain," kata dia.

Tirto mencoba mengonfirmasi ajakan Anies kepada Ignasius Jonan untuk membangun jalur kereta api di Kalimantan. Namun dia enggan berkomentar perihal pernyataan Anies.

Sebelumnya, Anies Baswedan berjanji akan membangun infrastruktur jaringan rel kereta api di wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Langkah tersebut diharapkan bisa menghubungkan daerah Banjarmasin dengan Banjarbaru.

Tidak hanya itu, dia juga bakal membangun stadion sepakbola bertaraf internasional jika terpilih menjadi presiden. Dia akan memberi nama Wasaka Internasional Stadium.

“Jadi mari kita kembalikan Barito Putra untuk bertanding di Banjarmasin. Wasaka Internasional Stadium, itu namanya nanti. Apa kepanjangannya Wasaka? Waja Sampai Kaputing,” kata Anies.


Baca juga artikel terkait JALUR KERETA API DI KALIMANTAN SELATAN atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight