Anies Kampanye di Banjarmasin, Janji Bangun Rel KA-Stadion

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 5 Des 2023 13:42 WIB
Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan, berjanji akan membangun rel kereta api hingga mengembalikan ekosistem Kalimantan sebagai ekonomi hijau.
tirto.id - Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan berjanji akan membangun infrastruktur jaringan rel kereta api di wilayah Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Langkah tersebut diharapkan bisa menghubungkan daerah Banjarmasin dengan Banjarbaru.

“Saya juga ingin sampaikan Banjarbaru dan Banjarmasin ini intensitas lalu lintas cukup tinggi ini sebenarnya ini kawasan yang perlu dibangun jaringan rel kereta api di wilayah ini,” kata Anies di acara 'Desak Anies episode 5 Banjarmasin', Banjarmasin, Kalimantan Selatan dalam saluran YouTube Anies Baswedan, Selasa (5/12/2023).

Tidak hanya itu, dia juga bakal membangun stadion sepakbola jika terpilih menjadi presiden. Dia akan memberi nama Wasaka International Stadium.

“Jadi mari kita kembalikan Barito Putera untuk bertanding di Banjarmasin. Wasaka International Stadium, itu namanya nanti. Apa kepanjangannya Wasaka? Waja Sampai Kaputing,” kata dia.

Tidak hanya di Kalimantan, Anies juga berjanji bakal membangun stadion di 10 kota. Tetapi dia tidak merinci daerah mana saja.

“Kami berencana bukan hanya di Banjarmasin Insyaallah ada sekitar 10 kota yang nanti akan kita bangun juga. Nah itu diumumkannya nanti, jangan sekarang. Satu-persatu aja pengumumannya,” kata Anies.

Sementara itu, Anies juga berjanji akan mengembalikan ekosistem Kalimantan sebagai ekonomi hijau. Dia merinci salah satu caranya yaitu dengan melakukan deforestasi untuk menanggulangi kerusakan ekologis yang terjadi.

“Jadi kita ingin ekonomi hijau jadi prioritas disini,” kata Anies.

Kemudian, Anies juga berjanji nantinya pembangunan di wilayah Kalimantan akan melibatkan masyarakat Kalimantan dan tidak mengambil tenaga kerja dari luar Kalimantan.

“Karena jangan sampai pembangunan dilakukan di Kalimantan, tapi yang bekerja dari luar Kalimantan,” kata dia.


Baca juga artikel terkait CAPRES ANIES BASWEDAN atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight