Menuju konten utama
Periksa Fakta

Ada Konten Hoaks Berisi Bocoran Susunan Kabinet Prabowo-Gibran

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menegaskan belum ada pembahasan mendetail di internal tim koalisi tentang nama-nama calon menteri.

Ada Konten Hoaks Berisi Bocoran Susunan Kabinet Prabowo-Gibran
Header Periksa Fakta Bocoran Susunan Kabinet Prabowo Gibran. tirto.id/Mojo

tirto.id - Di tengah proses penghitungan suara Pemilu 2024, beragam narasi dan klaim menyesatkan yang mencatut nama calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) kian marak ditemukan di media sosial.

Terbaru, beredar video dan teks berisi sejumlah nama yang diklaim merupakan susunan calon menteri yang akan mengisi kabinet Prabowo-Gibran.

Narasi itu diunggah oleh akun Facebook “Vinatomi Channel”, “Shanty Shanty”, “Saif Muhammad Al-Amrin”, “Rizal Djana Djahestu”, “Nurul Wahidah Ahmad”, hingga “Desy Astarina Riady”.

Foto Periksa Fakta Bocoran Susunan Kabinet Prabowo Gibran

Foto Periksa Fakta Bocoran Susunan Kabinet Prabowo Gibran. foto/Hotline periksa fakta tirto

Sepanjang Sabtu (17/2/2024) hingga Selasa (20/2/2024) atau selama tiga hari tersebar di Facebook, unggahan telah menuai 4 tanda suka dan 1 komentar.

Dari penelusuran Tim Riset Tirto, narasi serupa juga diunggah oleh akun X @PolJokesID. Selama sehari tersebar, unggahan memperoleh 40 ribu tanda suka, 8 ribu balasan, 31 ribu kali diunggah ulang, dan ditonton 13,9 juta kali.

Lantas, bagaimana kebenaran dari unggahan yang diklaim sebagai susunan kabinet Prabowo-Gibran itu?

Penelusuran Fakta

Pertama-tama, Tim Riset Tirto melakukan penelusuran dengan memasukkan kata kunci “Susunan Kabinet Prabowo-Gibran” ke mesin pencarian Google.

Hasil penelusuran mengarahkan kami ke berita Kompas “Beredar Foto Kabinet Prabowo, TKN: Belum Ada Pembicaraan Detail soal Menteri” yang diunggah Selasa (20/2/2024).

Berita itu memuat pernyataan Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Drajad Wibowo, mengenai beredarnya informasi susunan kabinet Prabowo-Gibran.

Ia menekankan, sejauh ini belum ada pembahasan mendetail di internal tim koalisi tentang nama-nama calon menteri kabinet Prabowo-Gibran.

"Selain Presiden Jokowi, Pak Prabowo, dan Mas Gibran, yang membahas adalah para ketua umum partai politik KIM (Koalisi Indonesia Maju)," singkatnya.

Penelusuran lainnya mengarah ke pemberitaan akurat.co berjudul “Beredar Susunan Kabinet Prabowo-Gibran, TKN: Hoaks, Belum Ada Bahas-bahas Begini” yang diunggah pada Sabtu (17/2/2024).

Berita itu berisi pernyataan Wakil Komandan Komunikasi TKN Prabowo-Gibran, Herzaky Mahendra Putra, yang memastikan informasi susunan kabinet Prabowo-Gibran yang beredar adalah hoaks.

Ia menegaskan, TKN masih fokus mengawal penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hasil penelusuran juga mengarahkan ke laman pemeriksaan fakta Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar Saber Hoaks) dan Liputan 6. Keduanya menyatakan nama-nama calon menteri dalam susunan kabinet Prabowo-Gibran yang beredar di media sosial adalah hoaks.

Tirto kemudian menelusuri akun instagram dan laman resmi dari TKN Prabowo-Gibran. Hasilnya, tidak ada satu pun informasi yang membenarkan informasi tentang klaim susunan kabinet Prabowo-Gibran.

Per Selasa (20/2/2024) atau saat artikel periksa fakta ini ditulis, KPU belum secara resmi merilis hasil penghitungan suara Pemilu 2024, termasuk mengumumkan siapa kandidat yang memenangkan Pilpres 2024.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran fakta yang dilakukan, tidak ditemukan keterangan resmi yang membenarkan informasi tentang susunan kabinet Prabowo-Gibran yang beredar di media sosial.

Pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran telah menegaskan konten berisi susunan kabinet itu merupakan hoaks.

Jadi, informasi yang diklaim merupakan daftar calon menteri dalam kabinet Prabowo-Gibran tersebut bersifat salah dan menyesatkan (false and misleading).

==

Bila pembaca memiliki saran, ide, tanggapan, maupun bantahan terhadap klaim Periksa Fakta dan Periksa Data, pembaca dapat mengirimkannya ke email factcheck@tirto.id

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan lainnya dari Alfitra Akbar

tirto.id - Politik
Penulis: Alfitra Akbar
Editor: Shanies Tri Pinasthi