Ada BG di Pertemuan Jokowi-Prabowo, Seskab: Beliau Bekerja Senyap

Oleh: Bayu Septianto - 13 Juli 2019
Budi Gunawan disebut berperan mempertemukan Joko Widodo dan Prabowo untuk kali pertama setelah Pilpres 2019.
tirto.id - Dalam pertemuan Jokowi dengan Prabowo Subianto kali pertama usai Pilpres 2019, ada Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG).

BG tampak mendampingi Prabowo saat tiba di Stasiun MRT Lebak Bulus, Sabtu (13/7/2019). Jenderal purnawirawan bintang empat ini juga turut mengantar Prabowo meninggalkan mal FX Senayan usai menyantap makan siang bersama Jokowi. Lalu, apakah peran mantan Wakapolri ini?

Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung mengatakan, peran BG sesuai dengan jabatannya yakni Kepala BIN, yang bekerja senyap tanpa suara mengatur pertemuan Prabowo dan Jokowi ini.

"Ya Pak Budi Gunawan ini kan Kepala BIN ya. Beliau kan bekerja tanpa ada suara," ucap Pramono di FX Senayan, Jakarta, Sabtu (13/7/2019).


Pramono pun bersyukur pertemuan antara Jokowi dengan Prabowo dapat tercapai dan berjalan lancar. Pramono pun mengapresiasi kerja BG dan jajarannya dalam rekonsiliasi ini.

"Dan Alhamdulillah apa yang dikerjakan [Budi Gunawan] hari ini tercapai," tutur Pramono.

Hal serupa disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Budi menyebut pertemuan Jokowi dan Prabowo dijembatani oleh Budi Gunawan dan Pramono Anung.

Sementara dari kubu Prabowo ada Wakil Ketua Umum Gerindra, Edhie Prabowo yang menurut dia ikut berperan.

"Ada Pak Pram (Pramono Anung), ada Pak BG (Budi Gunawan), Pak Edhie Prabowo. Itu orang baik semua. Mereka memang bersahabat ya," kata Budi.

Sementara itu, Budi Gunawan tak mau berkomentar saat ditanya terkait perannya dalam pertemuan Jokowi dan Prabowo ini.

"Tanya Pak Presiden," ujar BG.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Zakki Amali