Jokowi-Prabowo Berpelukan, #03persatuanindonesia Tren di Twitter

Oleh: Ahmad Zaenudin - 13 Juli 2019
Tagar #03persatuanindonesia dalam 250 unggahan terbaru memperoleh impresi alias keterlihatan unggahan hingga 3 juta kali.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengadakan pertemuan dengan Prabowo Subianto, calon presiden yang dikalahkannya dalam Pilpres 2019 lalu, di MRT Jakarta, Sabtu (13/7/2019).

Usai menempuh perjalanan sekitar 18 menit, dari Stasiun MRT Lebak Bulus hingga Stasiun MRT Senayan, Jokowi mengatakan bahwa, "[Karena] pemimpinnya sudah [saling] bergandengan mestinya pendukung sudah selesai dan [saatnya] bergandengan semuanya."

"Tidak ada lagi 01, tidak ada lagi 02," tegas Jokowi mengindikasikan Indonesia harus bersatu kembali.

"Tidak ada lagi namanya cebong, tak ada lagi namanya kampret," imbuh dia.


Atas pertemuan dua tokoh, internet, khususnya Twitter menyambut dengan sukacita. Paling tidak, ada dua hashtag alias tagar yang dipakai mengungkapkan kegembiraan warganet melihat Jokowi-Prabowo akur. Kedua hashtag itu ialah #03persatuanindonesia dan #indonesiadamai.

Mengukur pengaruh kedua tagar itu memanfaatkan Socialert, kedua tagar cukup perkasa. #03persatuanindonesia, misalnya, dalam 250 unggahan terbaru yang mengandung tagar ini, sukses memperoleh impresi alias keterlihatan unggahan hingga 3 juta.

Dari serangkaian twit yang mengandung #03persatuanindonesia, kata 'bangsa' dan 'indah' termasuk kata yang paling sering dipakai.

Sementara itu, tagar #indonesiadamai pun tak kalah. Masih merujuk Socialert, hanya dalam tempo satu jam, sejak pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB, tercipta 158 kicauan yang mengandung tagar ini, dan sukses mendulang impresi hingga 400 ribu. Kata 'abadi' jadi kata yang paling sering muncul pada hashtag ini.



Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Ahmad Zaenudin
(tirto.id - Politik)


Penulis: Ahmad Zaenudin
Editor: Zakki Amali