8 Cara Alami Melembabkan Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 24 Oktober 2019
Dibaca Normal 2 menit
Cara yang bisa dilakukan untuk melembabkan bibir yang kering dan pecah-pecah, mulai dari gunakan lip balm hingga banyak minum air.
tirto.id - Memiliki bibir yang lembab secara alami tentu menjadi impian banyak orang khususnya wanita. Tetapi beberapa orang justru sering mengalami bibir kering dan pecah-pecah yang bisa mengganggu penampilan.

Laman Medical News Today menyebutkan, bibir pecah-pecah dikenal juga sebagai cheilitis, dan ini umum terjadi pada banyak orang.

Beberapa penyebab yang membuat bibir kering juga karena udara dingin, serta sering terkena paparan matahari langsung yang membuat bibir jadi retak, pecah-pecah, dan mengelupas.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah sehingga menjadikan bibir lebih lembab alami.

1. Gunakan lip balm

Beberapa lip balm terkadang mengandung bahan yang mengeringkan bibir, seperti mentol atau mint. Meski memberikan sensasi dingin, tetapi mint sangat kering dan bisa membuat bibir lebih pecah-pecah.

Hindari juga produk bibir yang beraroma, karena bahan-bahan ini bisa mengeringkan bibir.

Cari lip balm yang mengandung bahan-bahan yang menenangkan dan melembabkan, seperti petroleum, lanolin, lilin lebah, dan ceramides yang bahannya bisa dibeli di apotek, toko kesehatan, atau online.

2. Coba pengobatan bibir alami

Ada beberapa solusi alami yang efektif untuk bibir pecah-pecah dan bahannya bahkan terkadang tersedia di dapur, di antaranya:

  • Lidah buaya: Gel ini terbentuk di dalam daun tanaman lidah buaya yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan, dan anti-inflamasi yang menenangkan serta bisa merehidrasi kulit yang rusak.
  • Minyak kelapa: Terbuat dari daging kelapa, minyak ini bisa mengurangi peradangan dan mengandung emolien yang dapat menenangkan dan melembutkan kulit.
  • Madu: Merupakan pelembab terbaik untuk bibir kering. Madu juga mengandung antioksidan dan bersifat antibakteri, yang bisa membantu mencegah infeksi berkembang di bibir yang sangat kering atau pecah-pecah.
  • Mentimun: Buah ini dapat melembabkan bibir dengan lembut, serta mengandung vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki penampilan bibir.
  • Teh hijau: Kaya akan antioksidan dan mineral, teh hijau juga mengandung polifenol, yang mengurangi peradangan. Rendam kantong teh hijau dalam air hangat dan gosokkan dengan lembut ke bibir untuk melembutkan dan menghilangkan kulit kering yang berlebihan. Teknik ini lebih lembut dari pengelupasan tradisional.
Lidah buaya, minyak kelapa, dan madu semuanya memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, yang dapat membantu mencegah infeksi yang bermanfaat untuk melembabkan dan menyejukkan kulit di bibir.


3. Lakukan eksfoliasi bibir

Menggunakan scrub bibir yang mengandung gula atau soda kue dapat membuat kulit kering mengelupas dengan lembut.

4. Banyak minum

Dehidrasi dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan menjadi salah satu penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah, karenanya biasakan banyak minum air sepanjang hari.

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan banyak cairan. Ketika tubuh mengalami dehidrasi dan menarik air dari area-area tertentu, hal ini dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, termasuk pada bibir.

Asupan air harian yang direkomendasikan bervariasi, tergantung pada banyak faktor, termasuk usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas fisik seseorang.

5. Bubuhkan balsem bibir yang tidak menyebabkan iritasi dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum pergi ke luar.

Hal ini penting dilakukan untuk melindungi bibir dari sinar matahari. Matahari bisa menyebabkan bibir pecah-pecah lebih mudah.

Sementara saat udara dingin juga penting mengoleskan balsam, karena dingin bisa memicu luka pada bibir, demikian seperti dipublikasikan American Academy of Dermatology (AAD).

6. Berhenti menjilat dan menggigit bibir.

Ketika bibir terasa kering, menjilat bibir mungkin menjadi solusi yang bisa dilakukan, tetapi cara ini justru bisa memperburuk masalah.

Saat air liur menguap di bibir, maka hal ini menjadikan bibir lebih kering.

7. Hindari menggigit barang yang terbuat dari logam.

Klip kertas, perhiasan, dan produk sehari-hari lainnya yang terbuat dari logam dapat mengiritasi bibir yang sudah sensitif.

8. Meletakkan humidifier di rumah.

Humidifier atau pelembab di kamar bisa sangat membantu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, terutama saat bernapas melalui mulut di malam hari.


Baca juga artikel terkait CARA MELEMBABKAN BIBIR atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Agung DH
DarkLight