6 Cara Dapatkan Kulit Glowing Alami

Oleh: Ninda Fitria - 9 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Guna mendapatkan kulit yang glowing alami Anda bisa melakukan beberapa cara alami yang mudah, seperti mengatur pola makan dan menggunakan masker dari bahan-bahan alami.
tirto.id - Memiliki kulit yang besih, sehat, dan cerah merupakan harapan semua orang. Banyak orang yang juga berharap memiliki kulit yang glowing dan melakukan beragam cara untuk mendapatkannya.

Jika Anda juga termasuk yang ingin memiliki kulit glowing, beberapa cara alami ini mungkin bisa Anda coba lakukan di rumah.

Dilansir dari Healthline, untuk mendapatkan kulit yang glowing alami bisa dilakukan dengan cara yang mudah, di antaranya:

1. Menerapkan pola hidup sehat

Cara terbaik untuk benar-benar membuat kulit bersinar dari dalam ke luar adalah dengan makan makanan yang bergizi. Vitamin C adalah makanan yang kaya akan antioksidan. Ini dibutuhkan untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang kuat dan merupakan bahan utama dalam membuat kulit sehat dan bercahaya.

Selain jeruk, vitamin C bisa didapatkan dalam jumlah banyak pada blueberry, pepaya, stroberi, dan kiwi. Salah satu cara mudah untuk menambahkan vitamin dalam diet adalah dengan mencampur beberapa blueberry dengan yogurt atau sereal saat sarapan.

2. Minum yang cukup

Agar cairan dalam tubuh tercukupi, minumlah air putih paling tidak 13 gelas untuk pria dan 9 gelas untuk perempuan.

Selain air putih, air kelapa juga bisa menjadi pilihan karena memiliki sifat menghidrasi intens dan juga merupakan sumber vitamin C. Selain itu air kepala juga baik serta mengandung potasium, kalsium, dan magnesium yang baik untuk kulit.

3. Gunakan masker alami

Masker bisa memberikan sifat menghidrasi yang sangat dibutuhkan kulit untuk mengeluarkan minyak berlebih, membersihkan kulit mati, dan meningkatkan kelembaban.

Berikut beberapa jenis masker alami yang bisa digunakan sesuai dengan jenis kulit.

*Kulit berminyak

Kulit yang memiliki jenis berminyak, Anda bisa memilih masker pisang dan madu, putih telur dan madu, jeruk nipis atau lemon, stroberi.

*Kulit kering

Untuk kulit kering pilihan masker yang bisa dipilih seperti masker alpukat, mentimun dan lidah buaya, susu, madu serta minyak zaitun.

*Kulit berjerawat

Kulit dengan jenis berjerawat, Anda bisa memilih masker pepaya, tomat, lidah buaya, teh basi, putih telur, nanas.

4. Gunakan sheet mask

Cara alternatif ketika sudah bosan menggunakan masker alami adalah dengan menggunakan sheet mask. Namun, yang perlu diakukan adalah menempelkannya ke wajah dan biarkan selama 10-15 menit sehingga dapat memberikan efek menghidrasi pada kulit wajah.

Pilihlah sheet mask yang mengandung vitamin C atau rice extract untuk mendapatkan kulit yang cerah.

5. Gunakan masker lemon dan madu

Kandungan vitamin C pada lemon dan madu bisa mencerahkan kulit wajah. Selain itu, lemon dan madu juga bisa mencegah kulit dari jerawat dan komedo. Buatlah masker dengan mencampur satu sendok teh madu dengan buah lemon yang sudah diperas, kemudian oleskan pada muka dan diamkan selama 15 menit.

6. Gunakan masker lidah buaya

Kandungan senyawa aloesin di dalam lidah buaya mampu menghambat pembentukan melanin yang memunculkan pigmen gelap pada kulit.

Melansir Be beautiful in untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah, buatlah masker lidah buaya dengan bahan alami lain berdasarkan jenis kulit.

- Kulit kusam

Jika Anda memiliki kulit kusam, buatlah masker dengan campuran lidah buaya, kunyit dan madu

- Untuk menghilangkan paparan sinar matahari

Guna menghilangkan efek negatif dari paparan sinar matahari buatlah masker dengan campuran lidah buaya dan lemon

- Kulit berminyak

Jika kulit Anda cenderung berminyak, buatlah masker dengan campuran lidah buaya dan mentimun

- Kulit kering

Untuk mengatasi kulit kering buatlah masker dengan campuran lidah buaya, pisang, dan madu



Baca juga artikel terkait KECANTIKAN atau tulisan menarik lainnya Ninda Fitria
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ninda Fitria
Penulis: Ninda Fitria
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight