8 Manfaat Kopi Bagi Kulit, Obati Jerawat Hingga Kurangi Selulit

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 1 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kopi memiliki banyak manfaat bagi manusia, selain dapat diminum, kopi juga bermanfaat untuk mengurangi selulit dan mengobati jerawat.
tirto.id - Kopi biasanya paling banyak digunakan sebagai minuman, tetapi kopi juga direkomendasikan sebagai bahan alternatif untuk merawat kulit. Hal ini berkat antioksidan pada kopi termasuk fenol yang membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Seperti dilansir Healthline, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat - bahkan lebih dari minuman kaya antioksidan lainnya, seperti teh dan anggur. Beberapa manfaat kopi bagi kulit antara lain,

1.Mengurangi selulit

Kopi dapat membantu mengurangi selulit pada kulit. Kandungan kafein dalam kopi adalah kunci untuk pengurangan selulit dengan melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah secara keseluruhan.

Metode perawatan kulit untuk mengurangi selulit ini digunakan melalui scrub kopi. Sebab scrub diyakini dapat menghaluskan kulit Anda dan memberikan penampilan yang merata.

2. Efek menenangkan

Walaupun kopi terkenal dengan efek stimulasinya di dalam tubuh, kopi ternyata dapat memberikan efek sebaliknya ketika dioleskan. Hal ini terjadi karena antioksidan dalam kopi.

3. Manfaat anti-penuaan

Menerapkan atau mengoleskan kopi langsung ke kulit Anda diyakini dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik hitam, kemerahan, dan garis-garis halus. Faktanya, satu penelitian, Trrust Source menemukan korelasi langsung antara minum kopi dan penurunan efek photoaging.

4. Mencegah kanker kulit

Kopi adalah sumber yang kaya vitamin B3 (niasin), berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Namun, trigonelin terurai menjadi niasin setelah biji kopi dipanggang. Menurut Yayasan Kanker Kulit, niasin dapat membantu dalam mencegah kanker kulit nonmelanoma dan mungkin dapat mencegah pertumbuhan kanker kulit lainnya.

5. Mengurangi peradangan

Efek anti-inflamasi dapat dikaitkan dengan asam klorogenat Trusted Source (CGA) serta melanoidin dalam kopi. CGA juga terkait dengan mengurangi hiperpigmentasi yang mungkin memiliki hubungan dengan peradangan.

6. Mengobati jerawat

Dalam kasus luka atau infeksi kulit yang sering terjadi, penggunaan kopi secara teratur dapat membantu mengatasi masalah dari bakteri. CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Semua manfaat ini secara kolektif dapat melawan jerawat setelah dikombinasikan dengan pengelupasan alami bubuk kopi.

7. Menghilangkan lingkaran hitam

Menurut Beverly Hills MD Cosmeceuticals kopi juga dapat membantu mengobati lingkaran hitam yang membandel di bawah mata. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi dianggap membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam.

Caranya,
  • Campurkan setengah sendok teh bubuk kopi dan minyak zaitun.
  • Tambahkan beberapa tetes air untuk membuat pasta kecil di tangan Anda.
  • Tepuk lembut di bawah mata Anda tanpa menggosok.
  • Biarkan campuran selama lima hingga sepuluh menit.
  • Bilas dengan air atau usap masker dengan kain lembut.
  • Ulangi sesering yang diperlukan.
8. Perawatan setelah berjemur di bawah matahari

Manfaat anti-penuaan yang sama dari kopi juga dapat digunakan untuk perawatan usai berjemur di bawah matahari. Kuncinya di sini adalah membuat perawatan yang menenangkan agar kulit yang terbakar sinar matahari membaik.

Untuk membuat perawatan kulit berbasis kopi caranya,
  • Seduh secangkir kopi segar. Kemudian, encerkan dengan air dingin.
  • Tempatkan kain lembut atau handuk di dalam air dan peras.
  • Oleskan kain secara lembut pada bagian kulit yang sakit.
  • Ulangi beberapa kali sehari sampai kemerahan dan bengkak mulai mereda.
Cara membuat masker wajah kopi,
  • Campur sama bagian minyak zaitun dan ampas kopi.
  • Oleskan ke wajah Anda dengan gerakan memutar.
  • Biarkan masker antara 15 dan 60 menit.
  • Bilas dengan air hangat. Ulangi hingga tiga kali per minggu.
Kopi adalah produk multiguna yang berpotensi menawarkan berbagai manfaat perawatan kulit. Tetapi jika kondisi belum juga membaik setelah beberapa minggu perawatan ada baiknya Anda segera menghubungi dokter kulit Anda.




Baca juga artikel terkait TIPS KECANTIKAN atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - )

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight