5 Ucapan Perpisahan dengan Bulan Ramadhan yang Menyentuh Hati

Kontributor: Risa Fajar Kusuma, tirto.id - 20 Apr 2023 11:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut contoh ucapan perpisahan dengan bulan Ramadhan yang menyentuh hati.
tirto.id - Ramadhan 2023 sebentar lagi akan berakhir dan umat Islam segera menyambut hari raya Idul Fitri 1444 H. Pada momentum ini, ucapan perpisahan dengan bulan Ramadhan bisa disampaikan untuk menunjukkan harapan, doa, maupun pesan pengingat bagi rekan dan kolega.

Bulan Ramadhan yang terasa bergulir cepat terkadang membuat bersedih hati dan menimbulkan kerinduan akan datangnya kembali bulan istimewa bagi umat Islam ini.

Maka itu, ucapan perpisahan dengan bulan Ramadhan bisa juga diiringi dengan doa agar mendapat kesempatan lagi bertemu bulan puasa tahun depan.

Ucapan Perpisahan dengan Ramadhan Menyentuh Hati

Ada beragam ucapan perpisahan dengan bulan Ramadhan yang menyentuh hati bisa dirangkai dan diunggah melalui akun media sosial, maupun dikirim via aplikasi pesan kepada para kenalan.

Berikut sejumlah contoh ucapan perpisahan dengan bulan Ramadhan yang menyentuh hati:

-Contoh Ucapan 1:

Bagaimana air mata tak mengalir, ketika panjang usia belum tentu menggapai Ramadhan di tahun yang akan hadir. Bagaimana hati ini tidak gundah, bila amal ibadah belum jua bertambah. Semoga Allah Azza Wajalla berkenan memberikan hidayah-NYA dan mengizinkan kita kembali memeluk Ramadhan yang penuh berkah.

-Contoh Ucapan 2:

Perpisahan tidak pernah indah. Apalagi dengan Ramadhan yang penuh berkah. Semoga segala amal ibadah mendapatkan keridhoan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Semoga segala dosa dari hamba yang hina ini terampuni.

Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘uudzu bika min syarri ma shana‘tu. Abu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunuuba illa Anta.


-Contoh Ucapan 3:

Mengayuh sampan menuju ke Hulu. Sembari bernyanyi agar tidak jemu. Sedihnya hati Ramadhan lekas berlalu. Semoga tahun depan masih punya kesempatan bertemu. Taqabbalallahu minna wa minkum, Shiyamana wa Shiyamakum. Ja’alanallaahu Minal ‘Aidin wal Faizin.

-Contoh Ucapan 4:

Akhirnya perpisahan tiba juga. Perpisahan dengan bulan suci yang senantiasa kita nantikan. Kita akan merindukan Ramadhan kembali datang. Teriring doa supaya kita semua memperoleh umur panjang dan kesehatan sehingga bersua lagi dengan Ramadhan tahun depan. Amiin.

-Contoh Ucapan 5:


Kita semula bertekad mengkhatamkan Al-Quran. Namun, hingga Ramadhan jelang akhir hitungan, tak jua beranjak dari juz awalan. Sejak Rajab dan Syaban kita berdoa agar dipertemukan dengan Ramadhan, ternyata masih juga tidak mampu menambah ibadah sunnah dan menghindari kesia-siaan. Semoga Allah SWT masih berkenan menerima ketidaksempurnaan amal ini dan memberikan rahmatNYA agar kita bertemu Ramadhan kembali.


Kapan Ramadhan 2023 Berakhir dan Idul Fitri 1444 H?

Pemerintah melalui Kementerian Agama RI menjadwalkan sidang isbat Idul Fitri 2023 berlangsung pada 29 Ramadhan 1444 H atau bertepatan dengan Kamis, 20 April 2023.

Di sidang isbat tersebut, akan ditetapkan bahwa Ramadhan berjumlah 29 hari atau 30 hari, sesuai dengan hasil hisab dan rukyatul hilal.

Jika Ramadhan ditetapkan berjumlah 29 hari, hari raya Idul Fitri akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023. Akan tetapi, apabila bulan Ramadhan dibulatkan menjadi 30 hari, hari raya Idul Fitri 1444 H akan jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Sementara itu, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan bahwa hari raya Idul Fitri akan jatuh pada Jumat, 21 April 2023, berdasarkan hasil Hisab Hakiki Wujudul Hilal.

Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2023 atau tulisan menarik lainnya Risa Fajar Kusuma
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Risa Fajar Kusuma
Penulis: Risa Fajar Kusuma
Editor: Addi M Idhom

DarkLight