Menuju konten utama

3.000 Personel Gabungan Amankan Debat Terakhir Pilpres 2019

3.000 personel yang akan mengamankan debat Pilpres 2019 ini adalah gabungan TNI dan Polri. 

3.000 Personel Gabungan Amankan Debat Terakhir Pilpres 2019
Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (ketiga kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) bersalaman dengan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) usai Debat Pertama Capres & Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

tirto.id - Jajaran Polda Metro Jaya dan TNI mengerahkan 3.000 personel gabungan untuk mengamankan acara debat capres-cawapres terakhir di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

“Debat dilaksanakan pukul 20.00 WIB sampai selesai, kami menyiapkan 3.000 personel gabungan TNI dan Polri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jumat (12/4/2019).

Argo menegaskan, pengamanan akan tetap menggunakan pola empat lapis. Ring 1 merupakan area internal debat yang dijaga oleh Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Wilayah Ring 2 yaitu area Hotel Sultan yang akan dijaga oleh TNI dan Polri.

Ring 3 merupakan halaman parkir dan Ring 4 yaitu jalur keluar-masuk paslon termasuk jalur evakuasi jika terjadi sesuatu hal serta jalanan sekitar hotel.

Debat kelima bertema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, dan industri. Komisi Pemilihan Umum (KPU) berharap masyarakat tetap menonton debat terakhir Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandiaga karena tema yang diangkat sangat dekat dengan keseharian masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan mencermati visi misi dan tawaran masing-masing kandidat itu bisa memantik masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya," ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi saat dihubungi, Kamis (11/4/2019).

Debat terakhir ini digelar sehari sebelum masa tenang Pemilu 2019 dimulai. Pramono menyatakan debat bisa dimanfaatkan masyarakat untuk menjadi bahan pertimbangan dalam memilih calon pemimpin untuk lima tahun ke depan.

"Kita bisa melihat kombinasi antarkandidat capres-cawapres dalam satu kesatuan lengkap bagaimana masing-masing menawarkan solusi untuk masyarakat," kata dia.

Empat stasiun TV yang akan menayangkan debat kelima yaitu TVOne, ANTV, Berita Satu, Net TV.

Berikut ini nama sepuluh panelis di debat kelima:

1. Rektor Unair, Prof. Muhammad Nasih

2. Guru Besar FEB Universitas Tanjungpura, Prof. Eddy Suratman

3. Dosen FEB UIN Syarif Hidayatullah, Dr. Muhammad Arief Mufraini

4. Dekan FEB Universitas Diponegoro, Dr.Suhartono

5. Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi, Dr.Herman Karamoy

6. Dekan FEB Universitas Udayana, Dr. I Nyoman Mahaendra Yasa, SE., M.Si

7. Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Dr. Harif Amali Riva’i

8. Guru Besar ITB, Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono

9. Dosen Community Development Unika Soegijapranata Semarang, Tukiman Taruno Sayoga Ph.D

10. Direktur Eksekutif Indonesia Global Justice (IGJ) Rahmi Hertanti‎.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan lainnya dari Adi Briantika

tirto.id - Politik
Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Alexander Haryanto