2 Orang di Indonesia Meninggal Saat Suspect Corona COVID-19

Reporter: Antara - 28 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Kedua orang tersebut meninggal saat diduga terjangkit Virus Corona.
tirto.id - Setidaknya terdapat dua orang yang meninggal saat statusnya suspect Virus Corona atau COVID-19. Sebelumnya mereka diisolasi di RS Badan Pengusahaan Batam dan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dokter Kariadi di Semarang.

Pasien yang dirawat di Batam tersebut ialah, Alias bin Ali (61). Dia warga negara Singapura.

Namun Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam mengatakan, hasil tes akhirnya Ali tak terjangkit Corona. Meski begitu, kata Didi, Ali menderita pneumonia.

"Pneumonia sebab lain," kata Didi. Jenazah Ali telah dimakamkan di Batam oleh kerabatnya.

Sedangkan yang di Semarang, pasien suspect Corona berjenis kelamin laki-laki dan berumur 37 tahun. Menurut Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUP Dokter Kariadi Nurdopo Baskoro, pasien tersebut datang dengan keluhan medis pernafasan yang cukup berat. Lalu ia diisolasi sejak Rabu (19/2/2020).

"Pasien tersebut datang dengan keluhan menyerupai gejala terpapar virus corona, tapi penyebabnya bukan virus corona seperti yang kita khawatirkan," kata Baskoro.

Namun hasil uji laboratorium, Baskoro mengklaim, pasien tersebut tak terjangkit Corona.

"Bahwa memang benar ada satu pasien di RSUP dr Kariadi yang meninggal dan pasien itu dirawat ruang isolasi, namun hasil laboratorium (terhadap pasien suspect corona) yang sudah kami kirim ke Litbangkes di Jakarta, negatif atau tidak terinfeksi virus corona," tuturnya.

Sejauh ini, jumlah kasus terduga terjangkit Corona yang spesimennya dikirim ke Laboratorium Badan Litbangkes, per 27 Februari 2020, sebanyak 136 kasus. Seluruhnya diklaim negatif Corona. Data tersebut dari, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Puslitbang Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan, Laboratorium Rujukan Nasional Penyakit Infeksi.

Kasus dalam pengawasan pemerintah: 44 Rumah Sakit di 22 Provinsi. Di antaranya: DKI Jakarta (35), Bali (21), Jateng (13), Kepri (10), Jabar (9), Jatim (10), Banten (5), Sulut (6), Jogya (6), Kaltim (3), Sulsel (2), Jambi (1), Papua Barat (1), NTB (2), Bengkulu (1), Kalbar (1), Kalteng (1), Sultra (1), Maluku (1), Sumbar (1), Bangka Belitung (1), dan Sumsel (2).



Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Antara
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight