Menuju konten utama

1.878 Personel Gabungan Amankan Harlah ke-101 NU di Stadion GBK

Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan sejumlah lokasi sebagai kantong parkir bus untuk mendukung Harlah ke-101 NU di Stadion GBK.

1.878 Personel Gabungan Amankan Harlah ke-101 NU di Stadion GBK
Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa berpidato saat peringati harlah ke-78 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Sabtu (20/1/2024) . FOTO/PBNU

tirto.id - Sebanyak 1.878 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan kegiatan Harlah ke-101 NU dan Harlah ke-78 Muslimat NU di Stadion Utama Gelora Bung Karno,Sabtu (20/1/2024) besok.

"Ada 1.878 personel yang terlibat dalam pengamanan, terdiri dari anggota Polda Metro Jaya, Polres, kemudian rekan-rekan dari Damkar, Dishub, Dinkes, dan juga Satpol PP Pemprov DKI, " kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi di Polda Metro Jaya, Jumat (19/1/2024) dilansir dari Antara.

Ade Ary menjelaskan berdasarkan surat pemberitahuan yang diterima Polda Metro Jaya, acara tersebut rencananya akan dihadiri kurang lebih 150 ribu orang.

"Polda Metro Jaya tentunya akan mengedepankan kegiatan preemtif atau kegiatan penangkalan, memberikan imbauan agar kegiatan berjalan tertib, kemudian lingkungan lokasi GBK juga tetap bisa dilakukan kegiatan oleh masyarakat, mohon dukungan semoga aman," kata Ade Ary.

Selain itu, Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) juga akan menghelat peringatan hari lahir (harlah) ke-78 yang diprediksi dihadiri sekitar 150 ribu orang.

Kegiatan akan diisi doa bersama ini rencananya dimulai sejak pukul 00.00 WIB dan dihadiri oleh Muslimat NU dari dalam dan luar negeri serta warga NU, Ansor, Fatayat NU, PERGUNU, dan elemen badan otonom, lajnah, dan lembaga NU lainnya.

Ia mengatakan 150 ribu warga itu akan diangkut oleh 2.995 bus. Perhelatan ini juga akan dihadiri PCI Muslimat NU yang mengonfirmasi hadir dari 11 negara, antara lain Malaysia, Hong Kong, Taiwan, Tiongkok, Jerman, Inggris, dan Jepang.

Rencananya Presiden Joko Widodo menghadiri kegiatan tersebut, termasuk para ulama, tokoh-tokoh NU meliputi pimpinan syuriah dan tanfiziah PBNU, dan pimpinan Muslimat NU beserta pengurus.

Siapkan Kantong Parkir untuk 2.995 Bus Nahdliyin

Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan sejumlah lokasi kantong parkir bus untuk mendukung 'Doa & Selawat Menyambut Harlah ke-101 NU & Harlah ke-78 Muslimat NU untuk Kemaslahatan Bangsa'.

"Total, kita siapkan 3.380 lahan parkir kendaraan bus di tiga titik lokasi, " kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman.

Latif menjelaskan tiga titik lokasi tersebut yaitu kantung parkir kawasan Monas, kawasan Kemayoran dan sekitar GBK Senayan.

"Untuk kawasan Monas menampung 1.200 bus dengan titik lokasi parkir kawasan itu, sepanjang Jalan Medan Merdeka semua sisi, sekitar Lapangan Banteng dan Jalan Juanda - Jalan Veteran, " katanya.

Kemudian, Latif menyebutkan kawasan Kemayoran, kantung parkir di Jalan Benyamin Sueb sisi barat dan timur dengan kapasitas 500 bus.

"Selanjutnya kawasan GBK dengan kapasitas parkir bus adalah 1.680 unit, yang lokasinya berada di parkir GBK, Semanggi-Slipi, Lapangan Tembak-Senayan City, FX Sudirman-Asia Afrika, Semanggi-Bundaran Senayan hingga Lapangan Aldiron, " jelasnya.

Baca juga artikel terkait HARLAH NU

tirto.id - Sosial budaya
Sumber: Antara
Editor: Bayu Septianto