Xiaomi Rilis Redmi 8A dan Jadwal Update MIUI 11 untuk Indonesia

Oleh: Ibnu Azis - 4 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Spesifikasi dan harga Redmi 8A di Indonesia serta jadwal update MIUI 11 untuk smartphone Xiaomi di Tanah Air.
tirto.id - Selain Redmi 8, Xiaomi pada Rabu (4/12/2019) di Jakarta juga rilis Redmi 8A dan mengumumkan jadwal update MIUI 11 untuk smartphone-nya yang telah dipasarkan di Indonesia.

Redmi 8A yang punya tagline "hape kece batre gede" menawarkan sensasi smartphone berfitur menengah meski statusnya entry-level. Ini bisa dilihat dari baterai 5.000mAh dan ketersediaan port USB Type-C.

Secara keseluruhan, spesifikasi Redmi 8A identik dengan Redmi 8, sementara yang berbeda ialah dukungan sensor sidik jari, konfigurasi kamera belakang, tipe chipset yang digunakan, dan soal memori.

Redmi 8A mengusung layar berdiagonal 6,22 inci HD+ yang sudah dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 5. Di tepi atas layarnya tersemat notch berdesain Dot Drop sebagai letak kamera selfie berkekuatan 8MP.

Untuk kamera belakang, Redmi 8A mengandalkan kekuatan 12MP yang sudah didukung software AI. Kapasitas baterai 5.000mAh di ponsel ini diklaim Xiaomi punya daya tahan hingga 4 hari.

Untuk performa, Redmi 8A menggunakan chipset Snapdragron 439 berkonsep octa-core yang disandingkan bersama RAM 2GB. Penyimpanan internalnya cukup lapang di kelasnya, yaitu 32GB.

Redmi 8A dijadwalkan dijual secara eksklusif di Shopee pada 12 Desember 2019 dengan harga perkenalan Rp1,399 juta, harga normal Rp1,499 juta. Ada promo free ongkir saat penjualan perdana. Selain itu, perangkat ini juga tersedia di Mi.com dan Authorized Mi Store.

Sementara, jadwal update MIUI 11 untuk smartphone Xiaomi yang dipasarkan di Indonesia dibagi dalam tiga tahapan, yakni sudah diluncurkan, sudah diluncurkan sebagian, dan akan datang di bulan Desember.

Untuk kategori sudah diluncurkan, beberapa smartphone 'terdampak' yaitu Redmi Note 8 Pro, Redmi 8A, Redmi 7A, Redmi 7, Redmi Note 5A, Redmi Note 6 Pro, POCOPHONE F1, Mi 8 Lite, Redmi S2, Redmi 5, dan Redmi 5A.

Untuk kategori sudah diluncurkan sebagian, smartphone tersebut yaitu Redmi Note 8, Redmi 6A, Redmi 6, dan Redmi 5 Plus. Sedangkan kategori akan datang di bulan Desember terdampak pada smartphone Redmi 8.

Xiaomi menggarisbawahi tenggat waktu tersebut berdasarkan pada rencana pengujian perusahaan dan tanggal sebenarnya mungkin berbeda.

Selain Redmi 8 dan Redmi 8A, Mi True Wireless Earbuds Basic juga diperkenalkan Xiaomi pada hari ini, yaitu earbuds bebas lilitan kabel.

Earbuds ini akan dijual perdana pada 12 Desember 2019 di Mi.com dengan harga perkenalan Rp249.000, harga normal Rp299.000.


Baca juga artikel terkait XIAOMI atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight