tirto.id - PT KCIC mengimbau kepada calon penumpang Kereta Cepat Whoosh untuk membeli tiket di saluran resmi yang tersedia, seperti aplikasi Whoosh Kereta Cepat, situs ticket.kcic.co.id, ticket vending machine dan loket resmi di stasiun. Selain itu, tiket juga bisa didapatkan di aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri dan BRImo.
Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa, menyampaikan imbauan diberikan agar masyarakat berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan dalam pemesanan tiket.
“Kami telah menyediakan sejumlah saluran resmi untuk pembelian tiket, sehingga masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan tiket kereta cepat Whoosh,” ujar Eva dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (19/11/2023).
Selain itu, imbauan ini diberikan karena terdapat kejadian calon penumpang yang melakukan penukaran tiket melalui transaksi dari salah satu aplikasi penjualan tidak resmi.
Setelah dilakukan pengecekan di loket, nama penumpang tersebut tidak terdaftar dan tidak terdapat transaksi pembelian tiket dengan data penumpang tersebut.
Eva menambahkankan, KCIC tidak bertanggung jawab atas seluruh kondisi atau kerugian yang timbul dari pemesanan tiket kereta cepat jika transaksi dilakukan diluar jalur resmi.
Saat ini, tiket Kereta Cepat Whoosh dapat dipesan mulai H-7 sebelum keberangkatan melalui saluran penjualan resmi yang telah disebutkan sebelumnya.
“Saluran resmi ini juga akan terus kami kembangkan agar layanan pada masyarakat lebih baik,” jelas Eva.
Menurut Eva, jika masyarakat menemukan adanya situs atau pihak yang menawarkan penjualan tiket Kereta Cepat Whoosh secara ilegal, dapat melaporkan temuan tersebut kepada KCIC untuk dapat segera ditindaklanjuti.
“KCIC akan terus menyosialisasikan kepada masyarakat terkait saluran, tata cara, dan ketentuan dalam penggunaan. Masyarakat tetap diimbau untuk waspada dan teliti dalam setiap informasi yang diterima agar terhindar dari penipuan berkedok layanan Kereta Cepat Whoosh,” tutur Eva.
Masyarakat bisa mendapatkan informasi resmi terkait KCIC melalui customer service KCIC di stasiun, email ke cs@kcic.co.id, telepon ke 121, website kcic.co.id, dan sosial media KCIC di Kereta Cepat ID.
Penulis: Mochammad Fajar Nur
Editor: Fahreza Rizky