tirto.id - Gelombang demonstrasi di Indonesia yang semakin meluas menarik perhatian warga ASEAN dan dunia, hingga mencuat tren untuk membantu para driver ojek online (ojol) mendapatkan makanan gratis saat demonstrasi.
Tyas Widyastuti, Director of Mobility, Food and Logistics Grab Indonesia, mengatakan bahwa pihaknya tak menyangka ada dukungan begitu besar yang diberikan dari berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri, kepada para Mitra Grab.
"Data internal kami mencatat adanya peningkatan pemesanan layanan GrabFood selama sepekan terakhir. Kenaikan ini terutama terlihat pada akhir pekan, termasuk adanya sejumlah pesanan yang berasal dari luar negeri (kode nomor asing)," tuturnya saat dihubungi Tirto, Selasa (2/9/2025).
"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas inisiatif yang dilakukan banyak pengguna Grab di luar Indonesia, mulai dari negara-negara di Asia Tenggara hingga menjangkau berbagai belahan dunia," sambung Tyas.
Menurutnya, fenomena ini menjadi wujud kehangatan yang menguatkan kebersamaan dan solidaritas yang sangat berarti bagi mitra Grab, baik pengemudi maupun merchant.
"Sehubungan dengan sistem operasional Grab, seluruh pelayanan kami tetap berjalan normal dan ketersediaan mitra pengemudi serta layanan untuk melayani masyarakat Indonesia tetap terjaga dengan baik," tuturnya.
Meski demikian, Tyas meminta pengertian para pengemudi Grab untuk tetap memperhatikan ketepatan waktu dalam pemenuhan pesan-antara makanan.
Terutama, jika terdapat penyesuaian terhadap waktu penjemputan dan durasi pengantaran, khususnya di wilayah-wilayah sekitar lokasi aksi yang terus berlangsung sampai saat ini.
"Sistem kami akan secara otomatis mengalokasikan orderan pada Mitra lain jika terjadi pembatalan oleh Mitra sebelumnya," ungkap Tyas.
1. Change country 2. Pick Indonesia and then Jakarta for city 3. Pick hotel in CENTRAL Jakarta (I picked Shangri-La lobby) the food ISN’T going to be delivered to the hotel pic.twitter.com/0GziYpZZkv
— yammi (@sighyam) August 30, 2025
Sebagai bentuk dukungan tambahan, Grab juga memiliki fitur "Traktir Driver", yaitu koleksi menu khusus yang dapat dibeli konsumen melalui layanan GrabFood untuk memberi dukungan kepada mitra yang aktif melayani pesanan.
Menu ini dapat diakses melalui dua cara. Pertama, pencarian menggunakan kata kunci "traktir driver" di GrabFood. Kedua, dengan membuka menu GrabFood.
"Konsumen dapat langsung menemukan fitur "Traktir Driver" pada laman utama. Kemudian pilih merchant resto yang diinginkan dan buat pesanan," paparnya.
Agar setiap dukungan dapat tersampaikan dengan baik, konsumen dapat memilih titik lokasi pengantaran terdekat dari lokasi restoran atau toko merchant yang dipilih. Hal ini karena makanan atau barang yang dipesan langsung ditujukan kepada Mitra Pengemudi.
"Selain itu, kami juga mengimbau para Mitra Pengemudi dan Mitra Merchant untuk dapat membatalkan pemesanan apabila diketahui situasi area pemesanan/pengantaran kurang kondusif. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan bersama sebagai prioritas utama."
Seperti diberitakan sebelumnya, salah satu pengguna X, yakni @izwanhs, menyoroti situasi yang semakin memanas di Indonesia imbas tewasnya seorang driver ojol, Affan Kurniawan, yang dilindas mobil rantis polisi. Warga asal Malaysia itu membuat thread berisi tutorial untuk membantu para driver mendapatkan makanan saat melakukan aksi.
Dia juga mengajak masyarakat internasional untuk ramai-ramai memesan makanan melalui Grab atau Gojek dengan mengubah lokasi aplikasi menjadi di Indonesia. Makanan tersebut kemudian dibagikan secara cuma-cuma kepada driver ojol.
Penulis: Natania Longdong
Editor: Hendra Friana
Masuk tirto.id






































