Wagub Riza Respons Kasus Dugaan Rasisme Ruhut terhadap Anies

Reporter: Riyan Setiawan - 13 Mei 2022 13:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Riza Patria meminta Ruhut agar menghindari penggunaan media sosial untuk kepentingan-kepentingan tertentu yang tidak sesuai dengan aturan.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria merespons perihal cuitan Politikus PDIP, Ruhut Sitompul di akun Twitter pribadinya yang mengunggah meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai pakaian adat suku Dani, Papua.

Akibat perbuatannya tersebut, Ruhut pun dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Panglima Komandan Patriot Revolusi (Kopatrev) Petrodes Mega MS Keliduan, Rabu (11/5/2022).

Menanggapi hal tersebut, Riza meminta Ruhut agar sebagai sesama warga Indonesia harus saling menjaga dan menghormati.

"Tentu kita sebagai warga bangsa hari saling menjaga, saling menghormati, dan sebagainya," kata Riza di Balai Kota, Kamis (12/5/2022) malam.

Ketua DPD Jakarta Partai Gerindra itu pun meminta kepada Ruhut agar menghindari penggunaan media sosial untuk kepentingan-kepentingan tertentu yang tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan.

Sebuah perbedaan menurutnya merupakan hak, namun tetap harus saling menghormati sesama warga negara.

"Apalagi Jakarta sebagai kota yang sangat heterogen, yang sangat prural, di sini banyak suku, agama, banyak seni budaya dan adat istiadat," ucapnya.

Sementara itu ketua fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono mengatakan menghormati laporan warga Papua terhadap Ruhut. Pasalnya, hal tersebut sudah masuk ke ranah hukum.

Anggota Komisi A DPRD DKI itu menuturkan belum mengetahui apakah DPP PDIP akan memberikan pendampingan hukum.

Jika sudah melanggar hukum, kata Gembong, hal tersebut bakal ada konsekuensinya. Sekali lagi dia menyerahkan itu semua kepada penegak hukum.

"Kami hormati, kami hargai apa yang dilakukan para pendukungnya Anies, karena mereka tidak terima, ya silakan saja. Tapi semua prosesnya kita hadapi dalam proses penegakan hukum ke depan," pungkasnya.

Cuitan Ruhut Sitompul di akun Twitter pribadinya berbuntut panjang. Politikus PDIP ini dilaporkan ke Polda Metro Jaya usai memposting meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memakai pakaian adat suku Dani, Papua.

"Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh," demikian caption foto meme Anies Baswedan yang diunggah akun Twitter @ruhutsitompul.

Cuitan Ruhut Sitompul itu mendapatkan reaksi dari masyarakat Papua. Ruhut Sitompul dinilai rasis hingga akhirnya dilaporkan ke Polda Metro Jaya.




Baca juga artikel terkait KASUS DUGAAN RASISME atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Restu Diantina Putri

DarkLight